tips: Cara Sederhana Agar SIM Tetap Terbawa (mobil)


Lupa bisa “menyerang” siapa saja dan kapan saja. Tiap kali seseorang melupakan sesuatu, pasti ada dampak serta risikonya. Mulai dari risiko yang kecil hingga besar. Salah satu risiko yang lumayan besar dan bisa lebih merepotkan lagi adalah lupa membawa Surat Ijin Mengemudi (SIM) pada saat sedang nyetir mobil di jalan raya. Bisa-bisa Anda harus mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah jika saat razia tidak bisa menunjukkan surat ini.


Sebab, “Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tidak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” begitu aturan yang tertulis pada Pasal 288 ayat (2) UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Umum, yang resmi berlaku sejak 22 Juni 2009 kemarin. Jadi, berhati-hatilah. Persiapkan SIM dan juga STNK (surat tanda nomor kendaraan) sebelum benar-benar menginjak pedal gas dan meluncur di jalan raya.


Agar tidak lupa membawa identitas yang pada umumnya tersimpan di dompet ini, AstraWorld menyarankan untuk mengikuti prosedur berikut tiap kali hendak nyetir mobil:

1. Periksa kesiapan fisik mobil Anda sebelum memulai aktivitas setiap hari bersama mobil kesayangan. Mulai dari bagian luar ban, body, lampu-lampu. Setelah bagian luar, buka kap mesin untuk memeriksa air radiator, oli mesin, dan minyak rem.

2. Hidupkan mesin. Lalu dengarkan ada tidaknya bunyi-bunyi abnormal di sekitar mesin. Pastikan mesin dapat bekerja dengan baik.

3. Sambil memanaskan, periksa sistim kelistrikan (lampu, radio, ac) mobil Anda. Jika ragu dengan kondisinya, Anda bisa konsultasikan ke AstraWorld dengan menghubungi nomer 500 898 (fixed line) atau 89 898 (ponsel).

4. Setelah yakin semua dalam kondisi ok, mulailah duduk di kabin. Atur kembali posisi kursi, kaca spion luar dan dalam. Nah, sebelum benar-benar berkendara, keluarkanlah dompet Anda dari saku atau pun tas. Periksa kembali apakah SIM masih tersimpan di sana. Jika tidak ada, segera cari. Mungkin tertinggal atau belum Anda masukkan kembali ke dompet setelah digunakan untuk keperluan lain. Periksa juga, apakah STNK mobil yang Anda kendarai sudah Anda bawa juga. Pada saat mengeluarkan dompet, Anda sekaligus bisa juga menyiapkan uang receh yang mungkin Anda butuhkan untuk parkir, masuk tol dsb.

AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s