Pengetahuan: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina


Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PERTAMINA

spbu

SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum) merupakan prasarana umum yang disediakan oleh PT. Pertamina untuk masyarakat luas guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Pada umumnya SPBU menjual bahan bakar sejenis premium, solar, pertamax dan pertamax plus.

Untuk SPBU sendiri dibagi menjadi 3 jenis usaha yaitu :

  1. COCO (Company Operation Company Owner)
    Merupakan SPBU yang di miliki dan di kelola oleh pertamina. Dalam hal ini yaag mengelola dalah PT. Petamina Retail sebagai anak perusahaan. Saat ini sudah banyak tersebat SPBU coco di Indonesia.
  2. DODO (Dealer Operation Dealer Owner)
    Merupakan SPBU murni milik swasta atau perorangan. Jadi segala hal mengenai manajemen perusahaan di kelola oleh perorangan atau badan usaha.
  3. CODO (Company Operation Dealer Owner)
    Merupakan SPBU milik swasta atau perorangan yang bekerjasama dengan PT Petamina Retail

Produk yang ada pada SPBU :

Premium
adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Warna kuning tersebut akibat adanya zat pewarna tambahan (dye). Penggunaan premium pada umumnya adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti mobil, sepeda motor, motor tempel dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol.

premium

Pertamax
adalah motor gasoline tanpa timbal dengan kandungan aditif lengkap generasi mutakhir yang akan membersihkan Intake Valve Port Fuel Injector dan ruang bakar dari carbon deposit dan mempunyai Research Octane Number (RON) 92. Pertamax merupakan bahan bakar ramah lingkungan(unleaded) dan beroktan tinggi.
Formula barunya yang terbuat dari bahan baku berkualtas tinggi memastikan mesin kendaraan bermotor anda bekerja dengan lebih baik, lebih bertenaga, “knock free”, rendah emisi, dan memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar. Bahan bakar ini dianjurkan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.

pertamax_plus2

Pertamax Plus
adalah bahan bakar superior Perusahaan Publik dengan kandungan energi tinggi dan ramah lingkungan, diproduksi menggunakan bahan baku pilihan berkualitas tinggi sebagai hasil penyempurnaan formula terhadap produk Perusahaan Publik sebelumnya. Produk ini ditujukan untuk kendaraan yang berteknologi mutakhir yang mempersyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan ramah lingkungan.
Pertamax Plus sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi ratio > 10,5 dan juga yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), turbochargers dan catalytic converters.

pertamax_plus

Pertamina DEX
merupakan bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi dan mencapai standar emisi gas buang EURO 2, memiliki angka performa tinggi dengan cetane number 53 keatas ( HSD mempunyai cetane number 45 ), memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm, direkomendasikan untuk mesin diesel teknologi terbaru (Diesel Common Rail System), sehingga pemakaian bahan bakar akan lebih irit dan ekonomis serta menghasilkan tenaga yang lebih besar.

bio solar

Bio Solar
adalah bahan bakar campuran untuk mesin diesel yang terdiri dari minyak hayati non fosil ( bio fuel ) – sebesar 5 (lima) persen minyak kelapa sawit atau CPO ( Crude Palm Oil ) yang telah dibentuk menjadi Fatty Acid Methyl Ester (FAME) dan 95 persen solar murni bersubsidi. Bahan bakar ini secara bertahap akan mengurangi peran solar.

Fasilitas yang ada pada SPBU adalah :

  1. Bright Café dan Bright Store
  2. Bright Wash
  3. Oli Mart
  4. ATM
  5. Mushola, Dll
Gas Untuk Kendaraan 

Seperti halnya Elpiji, Vi-Gas juga merupakan turunan dari LPG yang dinamakan LGV (Liquefied Gas for Vehicle), dengan campuran Propane dan Butane. Dikemas dalam tabung yang juga berfungsi sebagai tanki bahan bakar, Vi-Gas sangat cocok digunakan untuk kendaraan kecil, baik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

vigas

Tekanan Vi-Gas yang rendah menyebabkan penggunaan Vi-Gas relatif tidak berbahaya, selama Anda memperhatikan panduan keselamatan penggunaannya. Selain itu, penelitian kami membuktikan bahwa penggunaan Vi-Gas lebih hemat dari penggunaan BBM, sehingga biaya operasional kendaraan dapat ditekan.

Pemakaian LGV sebagai bahan bakar kendaraan sudah digunakan secara luas di negara-negara lainnya, seperti Australia, Korea, dan negara-negara Eropa. Harga BBM yang semakin tinggi serta rendahnya emisi LGV merupakan faktor utama yang membuat konsumen lebih memilih menggunakan LGV daripada BBM. a (CH4). Dalam istilah internasional, BBG dikenal juga dengan nama CNG (Compressed Natural Gas).

Kontribusi kita untuk program Langit Biru

Jika Anda adalah pengusaha taksi, angkutan kota ataupun bajaj, dan menginginkan biaya operasional yang lebih murah, mengapa tidak beralih menggunakan Vi-Gas? Vi-Gas adalah LPG yang digunakan untuk transportasi, sangat sesuai untuk jenis kendaraan kecil karena memiliki kapasitas tanki yang sama dengan BBM. Dan juga, Anda pun ikut berkontribusi untuk menjadikan lingkungan Indonesia lebih bersih, karena Vi-Gas adalah produk yang ramah lingkungan!

sumber: website Pertamina

Perbedaan sifat premium, elpiji (Vi-Gas) dan BBG (CNG)
No.
Karakteristik
Premium
LPG (Vi-Gas)
CNG (BBG)
1.
Komposisi
C8H8
C3H8
CH4
2.
Densitas    (kg/ m3)
752
1,5
0,6
3.
Berat molekul(kg/mol)
114,8
44,09
17.51
4.
Nilai kalori (kj/kmol)
45.950
46.360
47.476
5.
AFR stoikiometri
14,57
15,6
16,15
6.
Temperatur penyalaan minimal (OC)
360
460
521,4
7.
Kecepatan nyala (m/detik)
20-40
0,82
0,66
8.
Nilai oktan
88
110
130
sumber: Autogas
Perbedaan BBG dan Elpiji (Vi-Gas)
BBG
Vi-Gas
CNG lebih ekonomis dan bersih
Jenis bahan bakar
hidrokarbon, lebih ringan dari bensin
Investasi awal lebih mahal
Investasi awal lebih murah
Biaya operasional lebih murah
Biaya operasi lebih tinggi
Tenaga yang dihasilkan lebih rendah
Tenaga yang dihasilkan lebih  besar
Perawatan lebih jarang
Perawatan lebih sering
Tangki  penyimpan besar dan berat
Tangki penyimpan lebih kecil dan ringan
Ketersediaan terbatas
Ketersediaan lebih banyak
Umumnya digunakan pada kendaraan komersial
Lebih banyak untuk mobil pribadi

sumber: otomotif.kompas

<!– kphmph.wordpress.com –>


Related Post : ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………….

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Pengetahuan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Pengetahuan: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina

  1. rusmanjay says:

    kalau pake v-gas perlu alat lagi ga? semacam konverter gitu

  2. Pingback: Opini: Bensin yang cocok untuk CBR150R adalah | kph mph : no speed limit! Newbie Blogger

  3. sela says:

    untuk convers bensin-bbg apa saja yang ditambahkan dan dapat di beli dimana terima kasih…

  4. Informasi yang sangat bermanfaat gan …………salam sukses dari Jual Spare Part SPBU

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s