tips: Daftar Pemeriksaan agar Mudik Aman dan Menyenangkan (mobil)


Hasil yang baik sangat ditentukan oleh persiapan dan proses yang tepat. Nah, jika ingin perjalanan mudik nanti berjalan dengan lancar, sebaiknya lakukanlah persiapan dengan matang. Periksa seluruh bagian mobil, lengkapi perjalanan dengan barang atau alat-alat yang dibutuhkan.

Pastikan semua dalam kondisi OK. Mulai dari mesin, aki, oli, sistem kelistrikan, ban, hingga ke dokumen-dokumen penting. Di bagian mesin misalnya, lakukanlah tune up. Pada aki, bersihkan terminal-terminalnya dan periksa air aki. Begitu juga pada oli, kualitas maupun kuantitasnya harus diperiksa. Di kaki-kaki, periksa ketebalan kanvas rem, kembang-kembang pada permukaan ban beserta tekanan anginnya.

Yang juga tidak kalah penting adalah sistem kelistrikan. Harus kita periksa seluruh lampu. Apakah bekerja dengan normal? Pastikan juga tape, radio, power window, dan electric mirror. Periksa sekring dan kabel-kabel sambungan bila ada komponen yang tidak menyala. Wiper juga harus diperiksa karena sangat penting saat perjalanan mudik diguyur hujan.

Jangan lupa, pemeriksaan juga harus sampai ke kelengkapan cadangan dan dokumen-dokumen penting seperti STNK, SIM serta surat-surat asuransi mobil.

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s