Manual: Isi N (Nitrogen) di Ban Tubeless New Mega Pro


kphmph isi nitrogen ban motor new megapro nmp (2)

Setelah kasus ban menggelembung (hamil) kemarin, saya putuskan untuk mengisi Nitrogen (N) ke ban tubeless NMP merah. Ternyata biayanya cukup murah masbro/mbaksis.. hanya Rp.6.000,- saja per ban sepeda motor. Karena sebelumnya saya menggunakan angin biasa, maka dalam hal ini saya termasuk dalam ganti angin. Total 2 ban hanya Rp.12.000,- Bayar Rp20.000,- masih dapat kembalian Rp.8.000,- (ya iyalah… masa’ dapat kembalian 10 ribu😛 prett)

IMG_0272 kphmph isi nitrogen ban motor new megapro nmp (3)

Saat mengisi menggunakan alat pengisi angin khusus yang saya tidak tahu namanya😀 maklum wong deso katro ra reti inpo hehehe..

kphmph isi nitrogen ban motor new megapro nmp (5)

Alat elektronik pengukur keluaran tekanan Nitrogen di ban. Digital tinggal dipencet2 mau berapa psi sesuai petunjuk yang ada di swing-arm belakang sebelah kiri NMP.

Langsung di isi.. cess… berhenti, cess…berhenti lagi, cess… berhenti lagi dan tidak langsung cessssssssss… tanpa berhenti seperti saat  isi angin dari kompresor.

kphmph isi nitrogen ban motor new megapro nmp (6) kphmph isi nitrogen ban motor new megapro nmp (4)

Setelah isi angin en Nitrogen, saya iseng menanyakan harga ban tubeless NMP yang info sebelumnya adalah 270rb untuk depan dan 350rb untuk belakang. Ternyata harga ban lebih murah mas/mbak hanya Rp.136.000,- untuk ban tubeles depan dan Rp.206.000,- untuk ban tubeles belakang NMP merk IRC (kata yg punya toko sih bilang ban RX tubeless, gaktau maksudnya RX itu, entah kembang yang sama dengan RX King atau apa, yang jelas itu ban tueless NMP).

Juga saat itu saya menanyakan kenapa /sebab ban NMP hamil/menggelembung. Kata empunya toko ban motor keluaran sejak tahun 2009 memang banyak yang seperti itu dan bukan cuma ban tubeless saja, ban tube type juga. malah toko tsb pernah mengembalikan ke pabrik lewat distributornya satu truk penuh ban hasil reject pembeli yang baru dipakai sekitar 2 minggu. Wah koq.. ??? Intinya ban kurang kematangannya mungkin karena kejar target atau pengunaan mesin baru pada saat produksinya. So hati2 beli ban dan usahakan beli di toko ban terkemuka.

Berikut ini penjelasan tentang ban ber-Nitrogen yang dikutip dari Kompas Otomotif yang isinya manfaat memakai Nitrogen pada ban dan mitos seputar Nitrogen.

Jakarta, KompasOtomotif – Jasa pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraan bermotor, tidak hanya untuk mobil, juga menyasar pemakai sepeda motor. Biker semakin sadar akan pentingnya gas nitrogen untuk menjaga kenayaman, keamanan dan keawaten ban. Menurut Malaiholo Hodo Tua, Store Manager Planet Ban, Kalimalang, menggunakan nitrogen untuk ban sepeda motor sangat bermanfaat.

”Banyak manfaatnya, sama dengan mobil. Karena kandungan airnya sangat rendah, pelek tidak cepat berkarat. Karena tekanannya stabil, daya tahan ban lebih baik,” jelas Malaiholo.

Anggapan
Khusus untuk sepeda motor, masih banyak anggapan kurang tepat  terkait dengan nitrogen. Berikut anggapan tersebut dan kenyataan:
1. Nitrogen tidak bisa dipakai pada pelek jari-jari . Fakta, justru membuktikan, dengan nitrogen pelek tidak cepat berkarat.
2. Dengan mengisi nitrogen, ban jarang kempes. Asumsi tersebut benar. Kandungan air pada nitrogen sangat rendah sehingga tekanan bisa stabil pada berbagai kondisi (suhu).
3. Ban lebih awet. Benar!  Hal tersebut diperoleh karena tekanan ban stabil, tidak mudah memuai dan benjol karena benturan. Keretakan pada ban bisa diantisipasi
4. Nitrogen hanya untuk ban tubeless. Salah! Pada dasarnya semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil. Ban dengan ban dalam justru lebih cocok menggunakan nitrogen yang stabil atau tidak akan memuai.
5. Nitrogen membuat sepeda motor ringan. Tidak sepenuhnya benar! nitrogen lebih ringan  5%  dari udara biasa.

Tips
1. Ketika akan mengisi nitrogen (pertama kali), buang dulu angin yang lama secara menyeluruh. Tujuannya untuk mencegah molekul gas yang tediri dari berbagai unsur dengan nitrogen. Kalau nitrogen bercampur dengan udara biasa, menyebabkan tekanan ban kurang stabil. Sebaiknya kuras secara manual dengan membuka tutup pentil dari ban. Alat untuk membuang angin biasanya digunakan oleh usaha jasa pengisi nitrogen.
2. Tekanan nitrogen pada ban, berkisar 31-33 Psi. Sesuaikan tekanan dengan medan yang akan dilalui. Jika banyak lubang dan panas, tekanan sebaiknyadikurangi.
3. Periksa tekanan setiap 5-7 hari. Lebih baik menguras total nitrogen ketimbang hanya menambah saja!

Editor : Zulkifli BJ

Solusi murah tapi safety. dasar gak bisa bikin posting pendek, lagi-lagi panjang..😆 sorry gan.. bawaan rahim:mrgreen:

Semoga bermanfaat.

<!– brought to you by kphmph.wordpress.com –>


Related Post :

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Biker Manual, Roda Motor and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Manual: Isi N (Nitrogen) di Ban Tubeless New Mega Pro

  1. rusmanjay says:

    kalau kurang angin, terus ga ada pengisian angin nitrogen gimana?

  2. Stonecold says:

    Maaf gan.. Ada keterangan ttg brp lama max gas nitrogen bertahan, trus tingkat percepatan berkurangnya gas nitrogen di dlm ban? Apakah sama antara ban tubeless dan ban biasa (dgn catatan tdk ada kebocoran). Slh satu interpretasi sy, periksa setiap 5-7 hari tsb menyiratkan mgkn nitrogen mulai berkurang. Tapi smg sy keliru.
    Thx gan.

    • marga says:

      pertanyaan bagus Gan, maaf saya gak paham soal kimia heheh (dulu SMA jurusan IPS😀 )
      Sampai sekarang belum nemu sampai berapa hari nitrogen bertahan di ban motor. saya juga baru pakai belum lama. tapi setiap gas atau angin di dalam ban pasti berkurang cepat atau lambat, untuk angin biasa dapat bertahan hingga 1 minggu biasanya. karena nitrogen molekulnya lebih besar dari oksigen atau angin biasa tapi massanya lebih ringan dan akan membuat nitrogen bisa lebih menahan guncangan dan bertahan lebih lama karena lebih sulit menembus karet pentil yang membeku. tetapi sebagai rider kita wajib mengecek tekanan ban sebelum riding kan, so gak jadi masalah berapa lama nitrogen bertahan kalau bisa membuat ban dan velg awet.
      ini yg saya temukan Gan hasil search di google,
      secara kimia
      1.N2 Massa molekulnya 2×14=28 lebih ringan drpd o2 2×16=32,
      2.N2 Titik didihnya lebih rendah yaitu -196 derajat C, O2 =-183 derajat C
      3 N2 = inert gas tidak bisa terbakar/ buat gas pendorong di pemadam api (APAR – Alat Pemadam Api Ringan)
      tunggu artikel selanjutnya khusu tentang ban berisi Nitrogen. akan dibahas lebih lengkap. ini sedang dibuat hehehe..

  3. ban berisi nitrogen bisa juga kok disi angin biasa kalo kepepet,namun kelebihan dari ban nitrogen katanya adalah membuat ban lebih adem dari O2
    cuma jangan dihirup lho gas nitrogennya bisa2 dipikir orgil karena ketawa2 mulu ,heheheheheheheh😀😀😀

  4. Erit07 says:

    Sya ru tau ada yg kayak gt!

  5. An_Syahri says:

    Bannya skg masih hamil ga mas…?

  6. Pingback: Pengetahuan: Pemakaian Nitrogen pada Ban Motor dan Mobil | kph mph : no speed limit! Newbie Blogger

  7. Stonecold says:

    Mantab artikelnya gan, ane sudah tercerahkan oleh detail ttg nitrogen ini.
    Trmksh bnyk gan, tetap semangat menulis & berkarya utk pencerahan2 lainnya bagi para pengunjung blog.🙂

    • marga says:

      hehehe.. tapi jangan pernah menganggap saya lebih pandai dari pembaca Gan. saya sebatas share hasil ngacak2 dunia maya aja😉
      masih newbie dan selalu menunggu masukan. thanks sudah nyasar di blog ecek2 kw berapa entah hehehe:mrgreen:

  8. Stonecold says:

    Agan tllu merendah sprtinya🙂
    tapi ora opo2 gan, mgkn lbh baik krna merendah itu bagaikan ilmu padi, makin berisi makin nunduk🙂
    Apa yg agan tulis di blog agan adalah kreatifitas & analisa ilmiah, tdk semua orang bs melakukannya.
    Dan kata orang bijak, kreatifitas tdk ada batasnya. Kalaupun ada, kata orang2 paling2 the sky is the limit🙂
    Kreatifitas mahal gan! Bahkan kadang tdk bs dinilai dgn uang.🙂
    Dan kita pembaca mndapatkan ilmu gratis dari kreatifitas agan. Skli lg, trmksh bnyk gan! Teruslah menulis dan berkarya.🙂

  9. Rony says:

    tubeless emang sebaiknya diisi nitrogen…lebih awet n sippp….

  10. ipanase says:

    aku 5000 tapi nitrogen buatan

  11. Toko Ban nya dmn itu gan koq murah??

    • marga says:

      di Purbalingga, toko Serayu Ban (termasuk paling banyak stock IRC-nya), alamat: barat pasar Lama Purbalingga sebelah toko mas Karya.

  12. febry says:

    Hrga mesin digitalnya ampe brp y mas

  13. Rizcy says:

    Kalo bli motor baru Yang bannya sudah tubeless itu apa Sudan ter isi nitrogen gan?

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s