tips: Kembang Ban, Makin Penting Saat Berkendara di Musim Hujan (mobil)


Tantangan bagi ban dalam menjalankan tugas sudah pasti akan semakin bertambah ketika kita mengajak mobil melaju di tengah guyuran hujan. Air yang turun akan melapisi permukaan jalan sehingga daya cengkeram ban berkurang. Jika kurang hati-hati, mobil yang dikendarai dapat mengalami kecelakaan lalulintas.

Karena itu, langkah pertama yang harus dicamkan bila berkendara di tengah guyuran hujan adalah mengurangi kecepatan. Kami sarankan agar kecepatan cukup berkisar di angka 40 s/d 60 km per jam agar mobil lebih mudah dikendalikan saat melaju maupun bermanuver.

Di samping itu, kami juga sangat menganjurkan Anda untuk melengkapi pencegahan berikutnya.  Coba perhatikan kembang ban, apakah ketebalannya masih layak atau sudah buruk? Bila perlu, gantilah ban mobil yang sudah tampak botak. Di setiap dinding ban ada tanda yang dapat dijadikan patokan menentukan sudah aus atau tidaknya ban.

Bukan apa-apa, kembang ban membuat permukaan ban tidak rata. Inilah yang membuat gesekan antara ban dan permukaan jalan menjadi tidak licin. Kembang ban menghindari mobil selip. Terkait dengan kembang adalah alurnya (pattern). Ban dengan spesifikasi mud terrain (MT) sangat tidak direkomendasi untuk musim hujan, gunakan ban dengan spesifikasi minimal All Terrain (AT). Di Indonesia, untungnya masalah ini tidak terlalu menjadi persoalan. Karena biasanya produsen ban sudah memasarkan ban yang dicocokkan dengan dua musim di Indonesia, yaitu hujan dan panas.

Selain mengurangi kecepatan dan memperhatikan kembang ban, periksa pula tekanan anginnya  dan sesuaikan berapa besar tekanan yang dianjurkan pabrikan. Ban yang kurang tekanan mengakibatkan kontur tengah permukaan terdorong ke atas (tidak menempel ke permukaan jalan). Sehingga, ban yang kurang tekanan angin otomatis juga akan semakin menurunkan daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan. Tapi jangan terlalu tinggi juga. Tekanan ban yang melebihi standar dapat mempercepat keausan ban, terutama di bagian tengah.

Tentu saja, faktor-faktor lain seperti kondisi rem untuk mengatur laju kendaraan, kondisi wiper agar pandangan tetap jernih, lampu-lampu, dll yang pernah diulas sebelumnya tetap penting dan juga harus dicamkan dengan baik.

 

AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s