tips: Usir Bau Tak Sedap dengan Memperhatikan Sirkulasi Udara (mobil)


Satu edisi sebelum ini AstraWorld mengulas cara paling praktis dalam membersihkan bagian-bagian interior, termasuk membersihkan Air Conditioner (AC). Jika tidak dibersihkan, komponen paling penting dalam mendinginkan kabin mobil ini lama kelamaan akan mengeluarkan bau tak sedap. Seringkali bau tersebut tercium ketika AC pertama kali kita hidupkan.

Tindakan penting dalam menghilangkan bau tak sedap dari AC adalah memperhatikan sirkulasi udara. Caranya, sebelum mematikan mesin mobil dan kipas AC, usahakan mematikan AC terlebih dahulu. Dan tidak yang kalah penting, luangkanlah waktu sekitar 30 menit untuk membuka semua pintu dan jendela. Ini dapat kita lakukan di garasi setelah mobil diajak beraktivitas sepanjang hari.

Kedua hal di atas cukup ampuh dalam mencegah tumbuhnya jamur atau bakteri. Jamur yang mudah berkembang biak pada ruang yang lembab memang menjadi pemicu bau tak sedap.

Tentu saja, langkah-langkah pembersihan juga tetap perlu dilakukan. Bersihkan saringan udara AC secara berkala minimal tiap 30.000 km atau 18 bulan sekali. Bila kendaraan tidak dilengkapi dengan saringan udara AC, bersihkan evaporator paling tidak tiap 2 tahun sekali.

Adapun langkah-langkah pembersihan AC dapat menerapkan saran berikut ini, yaitu: siapkan sebuah botol penyemprot berisi 20% cairan pengharum dan 80% air. Campurkan hingga merata; semprotkan campuran tersebut ke bagian rongga udara (air intake) AC. Lakukan hal ini saat AC menyala. Pengaktifan AC pada level yang paling kencang akan memberi hasil yang maksimal. Setelah penyemprotan, biarkan AC tetap menyala kurang lebih selama empat (4) jam.

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s