tips: Kebiasaan-Kebiasaan Kecil Sebelum Nyetir Mobil


Berikut ini beberapa langkah sederhana, ringan, murah, namun memiliki banyak manfaat dan fungsi positif bagi keselamatan berkendara maupun perawatan mobil. Kebiasaan yang dapat diterapkan tiap kali memulai berkendara ini sekaligus sebagai bentuk perhatian kita terhadap body atau cat mobil dan kondisi ban mobil.

Biasakanlah untuk berjalan mengitari bodi mobil. Minimal, pada saat melakukan hal ini kita dapat memeriksa cat di sekeliling body mobil dan kondisi ban. Barangkali ada goresan di salah satu sudutnya. Mungkin juga bannya kurang angin sehingga perlu dipompa lagi.

Kebiasaan mengelilingi mobil ini juga akan sangat terasa gunanya sewaktu mobil berada di tempat parkir. Dengan terlebih dahulu mengelilingi body mobil, kita dapat memastikan secara langsung area-area di sekitar mobil yang tidak dapat kita lihat melalui kaca spion. Mungkin saja ada benda-benda atau binatang yang akan terbentur jika mobil bergerak.

Setelah yakin tidak ada yang mencurigakan di bagian body maupun ban, silakan buka pintu dan duduk di jok pengemudi. Kemudian nyalakanlah mesin.

Karena besarnya manfaat dua langkah sederhana ini bagi keselamatan maupun perawatan mobil, pabrikan mobil bahkan membuat saran yang lebih lengkap tentang hal-hal yang harus dilakukan sebelum start mesin. Selain memeriksa daerah sekeliling, pada buku pedoman pemilik, pabrikan menyarankan untuk menyetel posisi tempat duduk, sudut kemiringan sandaran, sudut bantalan tempat duduk, penahan kepala dan sudut kemiringan roda kemudi. Kaca-kaca spion dalam dan luar yang sesuai dengan posisi duduk dan pandangan Anda juga dapat disetel. Penyetelan-penyetelan ini dapat dilakukan sambil menunggu mesin panas.

Setelah nyaman dengan posisi duduk dan kaca-kaca spion pun sudah pas, kuncilah semua pintu. Selanjutnya pakai dan kencangkanlah sabuk pengaman.

Bila semua langkah ini telah dilakukan, silakan tekan pedal gas dan mulailah berkendara dengan aman dan nyaman.


AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s