tips: Musim Hujan Datang, Siapkan Payung dan Jaga Kesehatan (mobil)


Coba periksa-periksa kabin mobil Anda, jangan-jangan tidak ada payung di sana. Atau, payung yang biasanya tersimpan rapi kini entah berada di mana. Meskipun sangat sederhana, pemeriksaan barang di dalam mobil ini termasuk penting. Bukankah hari-hari ini hujan mulai kerap mengguyur jalan raya? Kabarnya, curah hujan akan terus berlangsung hingga Desember, bahkan Januari tahun depan. Payung sangat berguna untuk meminimalisir jatuhnya air hujan ke kepala dan tubuh saat kita sampai di tujuan dan hendak keluar dari mobil.

Bukan apa-apa, air hujan kurang baik bagi kesehatan. Sementara, saat mengendarai kendaraan, siapapun sebaiknya dalam kondisi fit. Tidak terserang penyakit, termasuk beberapa penyakit yang biasa muncul di musim hujan seperti demam, infeksi saluran pernapasan seperti flu dan batuk, serta diare.

Mengingat demikian pentingnya payung, akan lebih baik juga seandainya payung yang Anda siapkan di dalam mobil berjumlah minimal dua buah. Dengan dua payung, Anda dan keluarga atau teman yang bersama Anda di dalam mobil bisa sama-sama sedikit terlindungi ketika keluar dari mobil.

Mengenai jenisnya, kami sarankan agar payung pertama berbentuk payung lipat sehingga lebih praktis dan simple. Payung kedua, sebaiknya berjenis payung golf (bertangkai panjang, tidak dilipat dan biasanya atapnya juga lebih besar dibanding payung lipat).

Dua jenis payung ini ada kaitannya dengan masalah teknis penataan barang di dalam mobil. Kami sarankan agar payung golf sebaiknya disimpan di bagasi, bukan di kabin. Bentuknya yang panjang dan besar berpotensi mengganggu kenyamanan jika diletakkan di dalam kabin. Bahkan, bila diletakkan begitu saja dalam kabin (tanpa diikat) bisa membahayakan penumpang karena payung bisa terlempar atau terjatuh saat pengendara mendadak nge-rem.

Nah, payung lipat sebaiknya disimpan di dalam kabin dan diletakkan di tempat aman. Misalnya, di laci dashboard sehingga tidak terlalu bergeser (atau terlempar) ketika mobil bermanuver mendadak. Payung inilah yang Anda gunakan. Seandainya Anda berkendara bersama orang lain dan membutuhkan payung yang Anda simpan di bagasi, payung ini yang Anda gunakan untuk melindungi Anda saat keluar mobil dan membuka bagasi.

Di samping berupaya menghindari guyuran hujan ke tubuh, jaga pula kesehatan Anda dengan asupan makanan / minuman yang menghangatkan. Misalnya sup atau sayur hangat, susu hangat, sekoteng, air jahe, bandrek, atau bajigur. Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh. Jahe juga mengandung zat-zat yang berguna bagi tubuh manusia.

AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s