Opini: Perang PTWR Honda CB150R SF Vs Yamaha New V-ixion Lightning (1:0)


NOTE: Mohon untuk dikoreksi jika uraian berikut ini adalah salah. sekali lagi ini bukan sok pinter atau sok pamer atau sokbreker… 🙂 tapi sekedar menghilangkan rasa penasaran akan kekuatan 2 jagoan 150cc ini.

kphmph.wordpress.com-yamaha-v-ixion-lightning-warna-motor-gold VS kphmph.wordpress.com-Honda CB150R streetfire 2013 variant-Merah-FINAL

Pertarungan Yamaha New V-ixion Lightning versus Honda CB150R streetfire memang semakin memanas. Belum diadu di lintasan balap ataupun jalan raya, tapi diadu dari segi spesifikasi teknis masing-masing motor.
Sebelum diadu mari kita ketahui dulu apa hubungan Kilogram dan Liter. Pengertian berat isi dan berat kosong, juga satuan eksaknya.

Karena di spesifikasi teknis motor-nya terdapat perbedaan satuan berat yaitu berat isi dan berat kosong.

Kilogram (kg), adalah satuan unit SI untuk massa. 1 gram didefinisikan sebagai 1/1000 kilogram. Kilogram didefinisikan sama dengan massa dari sebuah kilogram standar – International Prototype of the Kilogram (IPK), yang disimpan di Sevres, Perancis. Massa kilogram standar ini hampir sama dengan massa 1 liter air. 1Kg hampir sama nilainya dengan 1 Liter air, atau sama nilainya dengan 1 kg jika pada suhu 0 derajat Celcius. (wikipedia)

Berat kosong kendaraan adalah berat kendaraan tanpa ada cairan seperti BBM,oli dan radiator jika ada.

Berat isi kendaraan adalah berat keseluruhan kendaraan yang berarti sudah berat kosong+cairan2nya seperti oli, BBM, dan radiator bila ada.

Beban maksimal kendaraan adalah beban/berat tertinggi (yang dianjurkan) yang dapat diangkut oleh kendaraan.

Dry weight

The dry weight of a motorcycle excludes some or all of the following: gasoline (or other fuel), engine oil, coolant, brake fluid or battery.

There is no standardized way to test the dry weight of a motorcycle. Inconsistencies will almost always be found between a motorcycle manufacturer’s published dry weight and motorcycle press and media outlet’s published dry weight. This is due to different testing techniques, differences in what is being excluded, and a lack of defining how testing was conducted by the organization doing the testing. A battery is typically excluded from dry weight by manufacturers but not always by media outlets. Some press and media outlets just exclude fuel to define their dry weight. For a typical sport bike, the difference between wet weight and manufacturer claimed dry weight is around 70 lb (32 kg) – Honda CBR600RR. This difference includes around 30 lb (14 kg) of gasoline, 7 lb (3.2 kg) of engine oil, 7 lb (3.2 kg) of coolant, and 9 lb (4.1 kg) of battery. These weights are even larger for bigger motorcycles with higher capacities, and attempting to compare the dry weights of air-cooled versus water-cooled motorcycles can be misleading. (wikipedia)

Wet weight

The wet weight of a motorcycle includes, but is not limited to fuel, engine oil, coolant, brake fluid, and battery.

There is no global standardized way to test the wet weight of a motorcycle. In the EU, Council Directive 93/93/EEC specifies wet weight as “mass in running order”, which includes all equipment normally fitted to a bike such as windscreen, tool kit and at least 90% of its fuel capacity.[7] Motorcycle manufacturers will rarely publish wet weight measurements and inconsistencies will almost always be found between different motorcycle press and media outlets. This is due to different testing techniques, differences in what is being included, and by the organization doing the testing omitting an explanation of how they weighed the motorcycle.

Cycle World has published wet weights with all consumables on board, but only half a tank of fuel, while Honda has recently published specification tables that use the typically automotive-oriented term curb weight, and stated that it included full fluid levels and the bike was “ready to ride.” (wikipedia).

  • Eksak:

1 HP = 0,735 KW
1 KW = 1,34 HP
1 PS / PK = 0,98 HP
1 PS / PK = 0,74 KW
1 KW = 1,36 PS
1 HP = 1,01 PS

  • Rata-rata berat orang dewasa di Indonesia adalah 60kg. Jadi 60kg digunakan sebagai nilai bobot pengendara.

jadi dari spesifikasi teknis dapat diadu power-to-mass atau power-to-weight ratio nya. Bukan dengan hitungan lengkap fisika karena power to mass ratio akan ribet menghitungnya. :roll:  Kita hitung secara gampang saja, power motor dibagi berat motor dan sebaliknya🙂

  • Perhitungan dengan hitungan pembulatan 8 digit (di belakang koma) untuk power yang diambil dari satuan kW.
  • Perhitungan dengan power dan berat kosong karena berat isi CB150 belum diketahui pastinya.

kphmph.wordpress.com-yamaha-v-ixion-lightning-warna-motor-white

Yamaha New V-ixion Lightning:

Daya maksimum = 12,2 kW (16,59 PS)/8.500 rpm
Berat isi = 129 kg
Tangki bahan bakar = 12 liter
Volume oli mesin total = 1,15 liter
Yamaha Coolant = 0,9 liter
total berat cairan = 12+1,15+0,9 = 14,05
jadi berat kosong Yamaha V-ixion Lightning adalah 129 kg – 14,05 Kg = 114,95 kg (mosok????)

12,2kW = 16,58738260 PS

Padahal spesifikasi NVL  di TPT mengatakan berat kosong NVL adalah 128 kg <– Mungkin ini yang benar!

Ya kita pakai saja versi Yamaha-Motor dan mengesampingkan TPT. (atau sebaiknya dihitung sekalian juga boleh).

ini dari bro karisnsz yang ngitung versi TPT

Ternyata eh nyatater bobot kosong kedua motor ini nyaris sama plek, NVL 128 kg dan cibi 129 kg, jan “kembar” tenan iki brosis :D . Dengan power puncak yang dihasilkan NVL sebesar 12,2 kW (16,59 PS), berarti PWR yang dihasilkan NVL adalah 0,1296 PS/kg, sedangkan cibi yang memiliki daya maksimum 12,5 kW (17 PS) berarti PWR yang dimiliki cibi adalah 0,1318 PS/kg. Sebuah angka yang lagi-lagi memperlihatkan betapa 11-12 nya kedua motor ini. Walau ada selisih angka yang dimiliki (0,0022 PS/kg) saya rasa itu tidak terlalu signifikan. IMHO. Btw, data di atas hanyalah di atas kertas lho brosis, real condition ya di lapangan (jalan, rider, bbm, dll).

Bonus:
PWR Satria FU 0,1684 PS/kg (95 kg; 16 PS)
PWR Old Vixion 0,1323 PS/kg (114 kg; 15,09 PS)

Power to mass ratio

Bobot kosong
= 16,58738260 PS : 114,95 kg
= 0,1443008490648108 PS/kg
= 0,14 PS/kg

Bobot kosong ditambah pengendara 60 kg
= 16,58738260 PS : (114,95 kg + 60 kg)
= 16,58738260 PS : 174,95 kg
= 0,0948121326093169 PS/kg
= 0,095 PS/kg

Mass to power ratio

Bobot kosong
= 114,95 kg : 16,58738260 PS
= 6,929966153912673 kg/PS
= 6,93 kg/PS

Bobot kosong ditambah pengendara 60 kg
= (114,95 kg + 60 kg) : 16,58738260 PS
= 174,95 kg : 16,58738260 PS
= 10,54717336778619 kg/PS
= 10,55 kg/PS

kphmph.wordpress.com-cb150r-2013-variant-Putih-Biru-FINAL

Honda CB150R streetfire:

Daya maksimum = 12,5 kW (17,0 PS)/10.500 rpm
Berat kosong = 129 kg
Tangki bahan bakar = 12 liter

12,5 kW = 16,99526906 PS

Power to mass ratio

Bobot kosong
= 16,99526906 PS : 129 kg
= 0,1317462717829457 PS/kg
= 0,13 PS/kg

Bobot kosong ditambah pengendara 60 kg
= 16,99526906 PS : (129 kg + 60kg)
= 16,99526906 PS : 189 kg
= 0,0899220585185185 PS/kg
= 0,090 PS/kg

Mass to power ratio

Bobot kosong
= 129 kg : 16,99526906 PS
= 7,590347616420731 kg/PS
= 7,60 Kg/PS

Bobot kosong ditambah pengendara 60 kg
= (129 kg + 60 kg) : 16,99526906 PS
= 189 kg : 16,99526906 PS
= 11,12074185661642 kg/PS
= 11,12 kg/PS

KESIMPULAN

untuk Power to mass ratio nilai yang lebih besar adalah yang lebih baik.
untuk Mass to power ratio nilai yang lebih kecil adalah yang lebih baik.

Power to mass ratio:
Bobot kosong
Yamaha V-ixion Lightning = 0,14 PS/kg,
Honda CB150R = 0,13 PS/kg
Yamaha V-ixion Lightning yang unggul 0,01PS/kg

Bobot kosong ditambah pengendara 60 kg
Yamaha V-ixion Lightning = 0,095 PS/kg
Honda CB150R = 0,090 PS/kg
Yamaha V-ixion Lightning yang unggul 0,005 PS/kg

Mass to power ratio:
Bobot kosong
Yamaha V-ixion Lightning = 6,93 kg/PS,
Honda CB150R = 7,60 kg/PS
Yamaha V-ixion Lightning yang unggul dengan selisih 0,67 kg/PS

Bobot kosong ditambah pengendara 60 kg
Yamaha V-ixion Lightning = 10,55 kg/PS
Honda CB150R = 11,12 kg/PS
Yamaha V-ixion Lightning yang unggul dengan selisih 0,57 kg/PS

kphmph.wordpress.com-pic-by-dyondra-3-vixion-lightning

Power to weight ratio (PTWR) dan Weight to power ratio (WTPR) di atas kertas Yamaha New V-ixion Lightning yang unggul!

<!– kphmph.wordpress.com –>

sayang cuma bobot kosong😦 coba klo bobot isi pasti lebih jossss


Related Post : ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………….

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Measurement, Opini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Opini: Perang PTWR Honda CB150R SF Vs Yamaha New V-ixion Lightning (1:0)

  1. penggemar says:

    wah berarti NV unggul segalanya ya dibanding cb150r

  2. Vincent says:

    mas, maaf mohon diluruskan dulu, PWTR tidak selalu berbanding lurus di tiap kecepatan dari 0 hingga top speed
    PWTR, ada faktor lain semisal reduksi ratio gear yg makin rapat akan sangat menguntungkan, belum lagi karakter engine, dimana titik peak power, ibarat pelari kuat namun napas diatas 8500rpm (anggap ini nvl) makin menurun grafik powernya, maka kemampuan menambah speed bakal sangat ngedrop dan hanya mengandalkan over rev
    sementra sebaliknya ada pelari cepat yg napas atasnya hingga 10000rpm (ditambah close ratio 6 speed) maka ketika power kompetitor tadi makin menurun, maka yg ini justru makin menanjak kurva powernya

    contoh? FU vs CBR,😀 sama2 dohc pwtr unggul FU tapi setelah 110kpj fu harus puas di posisi 2😀

  3. SuRyA says:

    Wah lengkap banget uraiannya mas hehehe
    brarti secara teori spek new vixion lebih mumpuni dunk mas?

    http://www.dk8000.co.nr

  4. champ ret says:

    Aku ra mudheng mas

  5. achmad grand pacul says:

    make cbr150r wajib mimik pertamax, klw premium pom apalagi premium eceran siap2 motornya ngedrop performa klw lama2 tunggu waktunya lebih cepat turun mesin… beli bloknya ntar duit yg nggk murah…

  6. An_Syahri says:

    Wah…. secara hitungan teori NV lebih unggul nich dibanding si CB…

    http://nzahry.wordpress.com/

  7. rusmanjay says:

    mesti dites di sirkuit pasti seru

  8. triatmono says:

    ga jelas…….

  9. Karis says:

    lengkappp….!!!!!

  10. Nofgi says:

    Wah mantab nih penjelasan sobat …
    Jadi tambah penasaran gimana kalau keduanya di adu di lintasan khusus.
    SOHC VS DOHC … !!!

    http://nofgipiston.wordpress.com/2012/12/16/yuk-mengamati-dashboard-dan-speedometer-di-fairing-yamaha-vixion-ane/

  11. Bias_72 says:

    Jiahhhh njlimet tenan Bro… Suwun ilmune Bro…lanjuuut….

  12. wangwa says:

    vixion udahkehabisan napas si cb makin beringas hehehhe. siap siap rider vixion ngasih lampu sein minggir pura pura baca sms hahahahahhah. saat dikejar si cb

  13. Yamahal says:

    Yamaha mmng pinter menampilkan spek masa mtr,berat isi 129 kg sdngkan brat kosong memang bnar 128 kg, yamaha hy menghitung + oli 1 ltr saja tanpa menambahkan isi bbm utk menghitung brat isi,shg byk bloger yg terkecoh dlm menghitung ptwr antara cb dg vixy.utk smua motor yimm begitulah hitungan masa beratnya.slamat tertipu

    • 2in4 says:

      radiator juga kosong? ngitung power juga cuma itung2an matematika-fisika saja tanpa dynotest mungkin😛 maklum harga pertamax semakin mahal🙄

  14. emasyayang says:

    nah ini pencerahan yang ane cari…. good job bro….

  15. 46@sukses.com says:

    Aku ikut brooo..aduh ketinggalan lagi..

  16. Adhitya Ramadian says:

    pengen DOHC tp…
    pengen New Vixion tp…

    bingung antara keduanya, akhirnya tetaplah setia dengan bejo dulu untuk 1 thn ini, sambil ngumpulkan uang untuk beli mobil

  17. jokogledeg says:

    6 transmisi bikin selalu mepet 10.000 rpm nya artinya selalu berada di max power n torquenya, jadi jangan tergesa2 naekin gigi persneling biar gag lemot, ya 11000 baru di oper gigi lah🙂 .. whuzzzz

  18. Pingback: Jangan Mau Diajak Hidup Susah | enggar adi nugroho's Blog

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s