tips: Jika Salah Jalur Saat Melintas di Jalan Tol (mobil)


Pernahkah Anda melihat mobil berjalan mundur saat melintas di jalan tol? Terasa agak aneh memang. Tetapi, itulah yang AstraWorld temukan ketika sedang melintas di sebuah ruas jalan bebas hambatan di Jakarta. Menyadari dirinya salah jalur (seharusnya tetap lurus, tetapi dia sudah terlanjur belok kiri) si pengendara menghentikan laju mobilnya. Lalu pelan-pelan berjalan mundur untuk kembali ke jalur yang dituju.

Bukan cuma aneh, memaksa mengoreksi jalur di jalan tol dengan cara berjalan mundur sungguh berbahaya. Tidak hanya berpotensi mencelakakan diri sendiri, tetapi juga mengancam nyawa pengendara lain. Jangankan mundur, berhenti mendadak di jalan tol yang menikung saja sangat berisiko. Sebab, namanya saja jalan tol, kecepatan mobil bisa mencapai 80 hingga 100 km / jam. Bahkan bisa lebih cepat dari itu. Mobil yang berjalan mundur di jalan tol bisa mengundang tabrakan beruntun yang dahsyat.

Karena itu, jika suatu ketika Anda pun salah jalur di jalan tol yang bercabang, sebaiknya jangan sekali-kali memaksa mengoreksinya dengan cara berjalan mundur. Jauh lebih aman jika Anda tetap meneruskan perjalanan, menunggu bertemu pintu keluar tol terdekat, baru kemudian mencari jalur alternatif untuk kembali ke arah tujuan. Memang akan memakan waktu yang lebih lama dan jarak yang lebih jauh. Tetapi sikap ini lebih save dan tidak membahayakan diri Anda maupun orang lain.

Tidak sekali dua kali. Kejadian semacam ini lumayan sering terjadi di jalan tol. Terutama, di jalur tol yang bercabang. Sebenarnya kesalahan arah saat melintas di jalan tol dapat kita cegah. Berikut ini beberapa poin yang kami sarankan agar tidak mengalami kejadian serupa:

  1. Sesaat setelah masuk tol, segera putuskan di pintu tol mana Anda akan keluar, dan di tikungan mana saja Anda akan belok. Jangan lengah (apalagi keasyikan ngobrol atau mendengarkan musik), karena bisa mengakibatkan Anda bingung ketika menemukan jalur yang bercabang.
  2. Tetap perhatikan rambu-rambu dan petunjuk yang ada di jalan tol.
  3. Jika hendak berbelok, beri tanda dengan lampu sign dan jangan lupa monitor kondisi jalan melalui kaca-kaca spion.
  4. Kurangi kecepatan saat berbelok.
  5. Jaga jarak aman berkendara.

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s