10 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Ban Sepeda Motor (FDR)


Powered by

10 pertanyaan yang sering diajukan (meskipun hanya dalam hati) oleh para biker yaitu:

  • 1.  Sesungguhnya apa saja fungsi dari ban motor?

Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi:
1. Sebagai pengendali arah kendaraan
2. Sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya
3. Sebagai penerus tenaga dari mesin
4. Sebagai sistem peredam/suspensi dari sepeda motor

  • 2. Terdapat begitu banyak simbol dan kode pada ban. Apa saja arti dari simbol dan kode tersebut?

Pada sebuah ban, dapat Anda temukan informasi seperti ukuran ban, TWI (Tread Wear Indicator), Tipe ban: tubeless atau tubetype, Nomor Lot, Speed Simbol & Load index, Anak Panah, hingga beban maksimum. Semua ini merupakan faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli ban sesuai kebutuhan Anda.

Ukuran Ban

TWI (Tread Wear Indicator)

TWI (tread Wear Indicator) adalah simbol untuk menunjukkan batas pemakaian ban tanda ini berupa
segitiga yang tertera di sisi ban dan tonjolan pada sela-sela pattern hal ini untuk menunjukkan batas keausan tread yang diijinkan oleh produsen untuk menjamin performa ban, jika keausan tread sudah
mencapai tanda ini maka sebaiknya ban segera diganti.

Tubeless atau Tube Type

Nomor Lot

Speed Symbol dan Load Index

Anak Panah

Beban Maksimum

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kode dan simbol ban, silakan download file PDF  berikut. Anda membutuhkan Adobe Acrobat Reader untuk membuka file PDF ini.

  • 3.  Mengapa ban saya cepat habis?

Beberapa hal yang dapat mempercepat keausan ban:
1. Tekanan angin kurang/berlebih
2. Beban berlebihan
3. Pengereman dan akselerasi yang berlebihan
4. Kondisi musim (Musim kemarau ban akan lebih cepat aus)
5. Power motor besar tetapi penggunaan ban relatif kecil
6. Material karet kompon ban (Kompon lunak akan lebih cepat habis daripada kompon keras)

  • 4.  Bagaimana cara memasang ban yang baik dan benar?

Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan pengendara dan keawetan ban diantaranya:
1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.
2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.
3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.
4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.
5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya.
6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di dalam ban.
7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.
8. Pastikan bahwa posisi “Valve” ban dalam sesuai dengan tanda posisi “Valve” yang tertera pada ban.
9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya.
10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban depan untuk menghindari keolengan.
11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem blong.

  • 5.  Bagaimana cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?

Berikut beberapa tips untuk merawat ban Anda:
1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.
2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.
3. Hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak,olie dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.
4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.
5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.

  • 6.  Tekanan angin ban tubeless saya berkurang secara tidak wajar padahal tidak tertusuk paku. Apa yang harus saya lakukan?

1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai.
2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.
3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.
4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti ban jika diperlukan.
5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.
6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya jika perlu.

  • 7. Saya memiliki ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor. Bagaimana cara saya menyimpan ban dengan baik?

1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV.
2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu yang extrim secara terus menerus.
3. Penyimpanan jangan ditumpuk,sebaiknya didirikan satu persatu.

  • 8.  Ban Racing FDR tentu memiliki keunggulan tersendiri. Apa saja keunggulannya?

Ban Racing FDR memiliki banyak kelebihan, seperti fitur V Profile, ABLS (Advanced Bead Locking System), SCS (Superior Chain Structure), dan DC TECH (Dual Compound Technology).
Fitur-fitur unggulan ban Racing FDR tersebut diwakilkan dalam ikon/simbol yang dapat Anda temukan pada halaman masing-masing produk ban FDR. Jadi sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui keunggulan fitur masing-masing.

V Profile

ABLS (Advanced Bead Locking System)

SCS (Superior Chain Structure)

DC TECH (Dual Compound Technology)

  • 9.  Ban tubeless saya dikatakan oleh mekanik tidak bisa ditambal kecuali ditambal dengan cara khusus dari dalam, apa maksudnya?

Ada beberapa metode dalam menambal ban tubeless, diantaranya adalah:

1.Penambalan dari luar
Adalah metode penambalan yang paling banyak dan sering dilakukan oleh bengkel-bengkel tambal ban.Metode ini bisa dilakukan jika kebocoran pada ban tidak besar dan berada pada area crown.

2.Penambalan dari dalam
Adalah metode penambalan dari sisi dalam ban dengan tambahan material penambal khusus yaitu Rubber Patch. Metode ini diperlukan jika lubang kebocoran pada ban dinyatakan besar.

Jika lubang pada ban menyebabkan benang cord terputus sebaiknya ban diganti.

  • 10.  Saya baru saja membeli Honda New Supra X 125 CW. Ingin mengganti ban standar dengan ban Racing tubeless FDR ukuran 90/80-17, apakah bisa sesuai dengan velg bawaan pabrik?

Honda New Supra-X 125 CW memakai velg standard untuk depan ukuran 1.40-17 dengan ukuran ban 70/90-17 sedangkan belakang 1.60-17 dengan ukuran ban 80/90-17. Penggunaan Rim yang disarankan untuk ukuran ban 90/80-17 adalah 1.85-17. Meskipun demikian velg yang Anda gunakan masih dalam area kebolehan penggunaan pada size tire tersebut.

Berikut adalah tabel Ukuran ban beserta ukuran velg yang diperbolehkan:

Untuk Rasio /60 atau /70

LEBAR UKURAN VELG
80 MT 1.85 MT 2.15 MT 2.50
100 MT 2.50 MT 2.75 MT 3.00
110 2.50 A MT 2.50 MT 2.75 MT 3.00 MT 3.50
120 MT 2.75 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75
130 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75 MT 4.00
140 MT 3.50 MT 3.75 MT 4.00 MT 4.25 MT 4.50

Untuk Rasio /80, /90 atau /100

LEBAR UKURAN VELG
50 1.20 1.40
60 1.20 1.40 1.50 MT 1.50 1.60 MT 1.60
70 1.40 1.50 MT 1.50 1.60 1.85 MT 1.60 MT 1.85
80 1.60 MT 1.60 1.85 2.15 MT 1.85 MT 2.15
90 1.85 MT 1.85 2.15 2.50 MT 2.15 MT 2.50 2.50 C
100 2.15 MT 2.15 2.50 2.75 MT 2.50 MT 2.75 2.50 C
110 2.15 MT 2.15 2.50 2.75 3.00 MT 2.50 MT 2.75 MT 3.00 2.50 C
120 2.50 MT 2.50 2.75 3.00 MT 2.75 MT 3.00
130 2.50 MT 2.50 2.75 MT 2.75 3.00 MT 3.00 MT 3.50
140 MT 2.75 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75
150 MT 3.00 MT 3.50 MT 3.75 MT 4.00 MT 4.25

Ket: MT = Rim Tubeless

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Biker Manual, Roda Motor and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

33 Responses to 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Ban Sepeda Motor (FDR)

  1. nunic melodica says:

    mau tanya di gans ..

    motor saya mio pake ban tubles IRC 80/90 tapi kok sering bocor halus terus ya bukan karna paku ..
    n kalo mau pake yg cocok sama mio ban apa gans n pake accesoris apa aja khusus untuk tubles .
    thanks

  2. bali tour says:

    Artikel yang bagus
    thanks infonya🙂
    bagi kalian yang ingin berlibur ke bali, silahkan kunjungi website kami febri’s bali tour

  3. nurmayudhi says:

    dimana bisa beli smua properti alat tambal ban yaa,,,thx

  4. syariffudin says:

    terimakasih info y. . d tgu info slanjt y. .

  5. fagnerlova says:

    Makasih infonya bang.. tapi band type band FDR yg cocok untuk 2 musim type apa yah.. ? soa;nya kebanyakan FDR kalah di musim hujan/basah…
    n jgn lupa kunjungi http://fagnerlova.blogspot.com

  6. djarot s says:

    FDR BAN HANDAL KWALITAS PRIMA DI SEGALA MEDAN DAN CUACA, POKOKNYA FDR TOP MARKOTOP, TIADA TANDINGANNYA

  7. HomyPed says:

    Ban Tubless FDR sepasang (depan belakang) yang bagus buat Supra X 125 apa ya?? Kalo bisa sih selain FDR Genzi soalnya licin, pernah Gubrak di tikungan basah…

    Biasanya kan klo truk pasir barusan ambil pasir masih ada sisa2 air tuh, nah kbetulan aku lewat bagian jalan yg basah, eh tiba2 kedubrak…

  8. Hendra says:

    Kayak apa sentingan motor supra x 125 biar ok di tikungan

  9. Sondra Aivan says:

    mas boleh tanya ne mas

    ban yang cocok untuk motor honda verza untuk velg standar berapa ya mas, ane pengen make ban gede tapi ngak tinggi apa cocok 120/70-17 atau 110/70-17 mas, 2.50 makasih atas bantuanya mas

  10. edwyne says:

    maaf, ban ku tubless fdr kenapa ya kok banyak benjolan2 padahal masih ya lebih kurang 19 bln saya pakainya, jd nya kalau d pakai g nyaman, dimana kalau mau tanya k costumer service nya fdr, terima kasih

    • syafruddin says:

      saya beli ban mrek FDR Genpro 100/80 baru 3 bulan sudah benjol,dimana untuk dapat ganti (garansi),beli di Planet Ban Lenteng agung,terima kasih

  11. agung hardianto says:

    Pelek ane ukuran 17×140 pake ban genzi pro ukuran 70/80 tapi kok gak rata ya ban’a,kaya ada bagian ban yg mau kluar gtu

  12. djaya says:

    Saya pengguna motor supra X 125 R , dgn ban standar dan ingin ganti dgn ban tubeless yg agak lebih besar baik depan maupun belakang .Maka ukuran yg berapa yg tepat untuk depan dan untuk belakang.

    Terima kasih

  13. velg racing beat bisa pakai tubless gak ya

  14. angga says:

    info tentang ilmu ban nya sangat lengkap dan bermaanfaat sekali, trims.
    kunjungi web ku juga http://www.promohargadaihatsu banyak promo dan bonus untuk pembelian mobil daihatsu

  15. Hello , saya mau tanya .
    untuk keunggulan ban dunlop apa ya?

  16. Heru G says:

    Gan, kalo ban tubbeles diluar size standar makenya bagaimana gan? contoh ban depan 90/80 belakang 110/90 untuk matic lama, ane ngerasain seh skrg udah agak goyang kalo di pake

  17. Mau tanya vario iss 2015 ban masih baru kembangannya bergelombang depan belakang apakah karena diberi tekanan 35-40psi jadi penyebab karena ban belum gundul cuma kembangan nongol bergelombang sehingga bila dipakai dijalan datar rata mulus motor malah goyang, shock, laher,bushing dan arm masih normal

  18. rio says:

    Ban Depan: FDR Sport MP76
    Ban Belakang: FDR Sport XR

    Di Jamin.. Tikungan Tajam Gak bakal Sleding

  19. ShendySaputra says:

    ini gan motor saya kan mau saya kasih ban fdr mp 76 dengan pelk jari ” uk.depan belakang 1,60 &1,85. pertanyaan saya :
    1. rata” kan pelk jari” gag bisa pake ban tubles, ban fdr mp 76 kan tubles bagaiman cara buat masang ban fdr mp 76 agar bisa pakai ban dalam?jawab:
    2.

  20. Angga says:

    bang, motor ane kan new vixion,,maw ganti jari”.lha maw tak pasang ban FDR ceper yg depan 80/80 trs blakang 80/90,,,yng bagus cengkramanny n gx cpet hbis FDR tipe apa ya bang,,,,

  21. prand says:

    Saya punya ban bekas tapak lebar tapi mau saya simpan paling lama 5 bulanan mau saya pakai lagi,bagai mana cara merawt ban bekas pakaian supaya bs dipakai lagi karna ini tapak lebar.

  22. galang says:

    bagaimana cara untuk ban fdr sport mp 57 bisa di pakai di motor satria r 120 di ban depan maupun belakang tolong beritahu…..

  23. Archilles says:

    BAGAIMANA CARA MEMBACA KODE DI BAN DALAM BOS?
    THX BOS

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s