tips: Atasi Rasa Kantuk, Cegah Kecelakaan Terburuk (mobil)


 

Informasi dari negeri China yang sudah banyak beredar di Indonesia ini sangat unik dan menarik. Kabarnya, untuk mencegah kecelakaan yang dipicu rasa kantuk saat berkendara, polisi di wilayah barat daya Chongqing membagi-bagikan cabe merah pedas kepada para pengemudi. Ide itu mereka terapkan karena ada pengalaman dua pengemudi asal Hunan yang minta cabe merah pedas untuk menghilangkan kantuknya.

Sangat masuk akal, memang. Rasa pedas akan menyergap dan bertahan di otak. Rasa pedas inilah yang membantu kita tetap terjaga sehingga otak dan organ-organ tubuh kita tidak lalai dengan kondisi dan lingkungan sekitar. Mata tetap awas terhadap objek di depan, samping maupun belakang. Begitu juga, tangan, telinga, kaki sigap mengoperasikan kendaraan sesuai dengan kondisi jalan.

Namun, karena tidak semua pengemudi suka rasa pedas, kita perlu mencari cara lain yang bisa kita terapkan agar rasa kantuk hilang di saat kita tengah berkendara. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Atur kondisi kabin agar mata tetap terjaga. Misalnya dari pada memutar musik slow, lebih baik mendengarkan musik-musik yang membangkitkan semangat. Ada pengaruhnya juga terhadap hilangnya rasa kantuk bila Anda menikmati musik sambil sedikit menggerak-gerakkan badan. Atau, bila perlu buka sedikit jendela agar suhu dari luar masuk, terutama jika dinginnya AC seringkali membuat Anda malah mengantuk.

2. Lakukan “senam” mata. Cara ini juga untuk memancing agar mata tidak larut dengan dorongan atau kelelahan dari dalam tubuh kita yang memicu datangnya kantuk. Misalnya dengan membaca spanduk, baliho atau sarana-sarana promosi di jalan. Selain dapat informasi, mata kita juga kita arahkan untuk tetap terbuka.

3. Rasa kantuk juga dapat kita usir dengan melakukan gerakan yang tidak monoton. Misalnya, cobalah memakan-makanan kecil (ngemil) sambil tetap waspada terhadap kondisi jalan. Aktivitas tangan kita yang sesekali mengambil makanan dan membuka mulut cukup ampuh membuat gerakan kita di dalam kabin menjadi lebih bervariasi.

4. Bantu pasokan oksigen dengan mengatur nafas. Caranya, tarik nafas dalam-dalam, tahan sebentar lalu keluarkan lagi dengan perlahan-lahan juga.

Di luar poin-point di atas, tentu saja sebaiknya kita mempersiapkan diri sebelum berkendara dengan tidur yang cukup dan jangan minum obat yang bisa menyebabkan kantuk. Apalagi jika akan menempuh jarak yang jauh. Dan yang tidak boleh kita lupa: jika rasa kantuk tetap tak dapat kita usir, pilihan terbaik adalah dengan tidak memaksakan diri. Lebih baik mencari tempat istirahat dan tidurlah sebentar daripada mobil yang kita kendarai berjalan tanpa kendali.


AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s