tips: Terhindar Tilang, Berkendara pun Nyaman dan Tenang


Di kalangan pengendara mobil, pada umumnya beredar tudingan miring terhadap profesionalitas aparat polisi lalulintas kita, terutama dalam hal pelanggaran lalu lintas. Para pengendara yang kena tilang kadangkala merasa tuduhan petugas lalulintas mengada-ada.

Yang paling sering misalnya, setelah SIM dan STNK lengkap dan sah, sampailah ke pertanyaan soal ada tidaknya kelengkapan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Memang, kelengkapan yang satu ini masih belum banyak disiapkan para pengendara. Akibatnya, banyak pengendara yang dijerat dengan tuduhan melanggar lalu lintas lantaran ketiadaan kotak obat P3K di dalam mobil.

Tidak perlu kita perdebatkan apakah tindakan polisi seperti itu memang akal-akalan atau bukan. Yang jelas, ketersediaan kotak P3K di dalam mobil tergolong perlengkapan yang penting. Sebaiknya, selain melengkapi dengan SIM dan STNK yang legal, lengkapi pula mobil Anda dengan kotak P3K. Banyak kejadian darurat yang menyangkut keselamatan pengendara di jalan yang dapat diatasi dengan kesediaan obat maupun perlengkapan pengobatan yang kita bawa. Seandainya pun bukan anggota dan penumpang mobil kita, kotak obat itu pun dapat membantu menyelamatkan korban lalu lintas yang mungkin kita temui di perjalanan.

Ada juga masalah alat komunikasi. Sempat ada wacana bahwa polisi akan menilang pengendara yang kedapatan menggunakan alat komunikasi (handphone) saat berkendara. Meskipun belum jelas peraturannya, berkendara sambil menelpon memang tidak disarankan. Sebaiknya, bebaskan diri dari handphone yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara.

Selain SIM, STNK, kotak P3K, anjuran untuk tidak menggunakan handphone saat berkendara, sudah selayaknya mobil pun kita lengkapi dengan seat belt, toolset standar, segitiga pengaman, dan komponen-komponen cadangan seperti ban, bohlam, sekring, tali kipas, minyak rem, oli dll. Jangan lupa pula untuk menyimpan nomor CALL AstraWorld 89 898 di phonebook Anda yang dapat Anda gunakan jika mengalami kondisi darurat di perjalanan.

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s