tips: Poin-poin Penting untuk Mengetahui Budget Seputar Kendaraan (mobil)


Di tahun ini semestinya segala sesuatu berjalan lebih baik, lebih terencana dan terkendali dibanding sebelumnya. Termasuk dalam hal pengaturan keuangan yang terkait dengan kendaraan kita. Sebab, tidak sedikit pengendara yang masih agak acuh dengan seberapa besar budget yang telah mereka keluarkan untuk urusan mobilitas bersama kendaraan kesayangan. Padahal, banyak hal positif yang bisa kita petik jika kita disiplin mengetahui budget seputar kendaraan.

Beberapa keuntungan misalnya,

(1) sebagai pengendara kita bisa mengetahui berapa besar biaya yang kita keluarkan setiap bulan, tiga bulan sekali, atau bahkan biaya dalam satu tahun;

(2) kita dapat mengetahui hal apa saja yang paling banyak menyedot dana, perawatan komponenkah, pembelian aksesories, atau masih seputar pembelian bbm?

(3) dampaknya bisa berpengaruh ke pengaturan keuangan secara umum. Maksudnya, budget yang sudah disiapkan untuk urusan transportasi tidak mengganggu budget beli pakaian, beli buku, nonton atau mungkin tabungan rutin.

Untuk itu, mulailah membuat semacam buku catatan keuangan kendaraan (logbook), dan simpan selalu di dalam mobil agar bisa langsung ditulis setiap kali kita beraktivitas bersama kendaraan. Formatnya bisa dibuat sesuka hati. Yang penting pada buku ini kita merekam kapan mengisi bensin, berapa jumlahnya, berkendara kemana saja, dan apa saja aktivitas bersama kendaraan yang terbukti menyedot dana. Misalnya, pengisian bahan bakar minyak. Catatlah kapan Anda mengisi, berapa liter, dan di mana. Dari poin-poin sederhana ini kita tidak hanya dapat menghitung berapa kilometer yang berhasil Anda tempuh untuk tiap satu liter bbm.

Agar lebih lengkap, poin-poin lain yang minimal juga harus kita perhatikan adalah berapa biaya yang kita keluarkan untuk bayar asuransi, ongkos parkir, bayar tol, tambah angin, bahkan pengeluaran untuk urusan salon mobil. Catatlah seluruhnya dan hitung tiap akhir bulan.

Biaya yang tidak boleh lupa untuk kita catat dan hitung adalah biaya-biaya yang kita keluarkan untuk merawat (service) mobil. Mulai dari tindakan yang dilakukan di bengkel, jenis komponen yang dibeli (diganti), hingga berapa besar biaya yang harus Anda keluarkan.

Jangan lupa, setahun sekali kita selalu memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Masukkan juga sebagai budget yang terkait dengan urusan kendaraan.

 
  AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s