tips: Periksa Mobil Kembali Setelah Perjalanan Panjang


 

Perjalanan mudik saat menikmati libur lebaran beberapa waktu lalu tentu menarik. Selain bertemu dengan saudara, keluarga atau teman lama, suasana makin seru karena perjalanan dilakukan bersama mobil kesayangan. Tetapi, sebagai bentuk perawatan, jangan lupa untuk rapi-rapi dan periksa kembali mobil Anda.

Yang paling penting, pelajari dulu bagian mana yang kira-kira menahan beban paling berat selama perjalanan. Anda bisa menentukan dengan mempertimbangkan beban yang diangkut, kondisi jalan, serta jarak tempuh. Mungkin saja bagian kaki-kaki yang perlu Anda perhatikan jika medannya berbatu dan bergelombang. Atau, rem dan kopling jika jalur yang Anda lewati penuh kemacetan.

Di luar pertimbangan-pertimbangan khusus tadi, ada pemeriksaan umum yang sebaiknya dilakukan setelah menempuh perjalanan panjang:

1. Eksterior dan Interior: Bersihkan bagian eksterior dan interior kendaraan dari kotoran-kotoran. Bila terlalu lama menempel, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body (eksterior) kendaraan kusam dan cacat. Pada bagian interior, kotoran yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tak sedap.

2. Ban: Periksa kondisi kembang ban dan tekanan anginnya. Jangan lupa normalkan kembali tekanan angin ban (sebelum melakukan perjalanan panjang biasanya pengendara menambah tekanan angin).

3. Air: Periksalah ketinggian air pada aki, recervoir radiator, dan washer wipper dari kemungkinan air berkurang selama perjalanan. Tambahkan bila jumlahnya di bawah batas minimum.

4. Periksalah oli mesin, minyak power steering, minyak rem, dan minyak kopling. Cek kuantitasnya, apakah masih di atas batas minimum. Jangan lupa lakukan penggantian oli / minyak sesuai jadwal yang telah ditentukan di buku servis.

5. Mesin: Periksa tenaga mesin dan suara-suara yang timbul di mesin. Apakah masih normal atau tidak? Anda perlu memberi perhatian lebih serius kalau tenaga mesin terasa berkurang dari biasanya dan banyak muncul suara-suara tidak normal. Bila muncul gejala-gejala ini, sebaiknya bawa kendaraan Anda ke bengkel.

6. Penggerak-penggerak: Periksa kopling, persneling, kopel, gardan, as, bearing roda, termasuk juga roda-roda. Dengarkan baik-baik apakah muncul suara-suara (seperti dengung, ‘jduk’ saat mulai jalan) yang tidak normal saat kendaraan bergerak.

7. Lampu-lampu: Periksa semua lampu kendaraan Anda dari kemungkinan putus. Penggunaan lampu yang lebih lama dan frekuensi yang lebih tinggi lebih memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan.

 
  AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s