tips: Irit Konsumsi BBM dengan Merawat Tiga Komponen (mobil)


Berbagai pemicu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memang harus kita respon dengan melakukan improvement di banyak hal. Bila sebelumnya AstraWorld memberikan tips hemat dengan berkendara yang ramah lingkungan, artikel berikut ini lebih memfokuskan pada perawatan komponen yang mempengaruhi konsumsi BBM. Yaitu, dengan lebih memperhatikan kondisi 3 komponen penting bagi sistem pembakaran: busi, saringan udara dan saringan bahan bakar.

Ketiga komponen ini harus dalam kondisi prima. Busi harus mampu memercikkan bunga api yang baik. Sedangkan saringan udara maupun saringan bahan bakar harus sering-sering dibersihkan. Apalagi jika musim panas yang kian mempercepat saringan udara kotor karena debu-debu yang terhisap. Kotoran juga mudah menempel pada saringan bahan bakar karena saringan ini bertugas mencegah kotoran-kotoran yang tercampur di bahan bakar agar tidak sampai masuk ke ruang bakar.

Jika ketiganya tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi kotor, terjadilah kondisi yang disebut dengan pembakaran yang tidak sempurna. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak seluruhnya terbakar habis. Sehingga, jika dihitung-hitung, tenaga yang dihasilkan mesin tidak seimbang dengan bahan bakar yang keluar.

Itulah sebabnya kondisi busi, saringan udara, dan saringan bahan bakar yang tidak oke pada akhirnya menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros. Tak hanya itu, BBM yang tidak terbakar tadi akan ikut terbuang bersama gas buang. Bila mobil dengan kondisi mesin seperti ini diuji emisi, gas buangnya pasti sangat buruk. Bisa jadi, emisinya melebihi ambang batas yang telah ditentukan dan pada akhirnya berdampak buruk bagi kualitas udara kita.

Cara termudah menjaga ketiga komponen ini adalah dengan selalu melakukan servis berkala. Mekanik bengkel akan mengecek dan membersihkan atau mengganti ketiga komponen tadi yang memang sudah harus diganti.

Pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan apabila muncul gejala mesin yang tersendat-sendat. Mesin yang tersendat menandakan pasokan BBM ke ruang bakar tidak lancar yang kemungkinan besar dipicu oleh saringan BBM yang kotor. Mungkin juga karena salah satu busi rusak/mati.

Demikianlah saran kami. Tidak tertutup kemungkinan Anda mempunyai saran tambahan atau komentar lain. Silakan email melalui customerservice@astraworld.com, dan kami sampaikan terima kasih kepada para pembaca (Ign. Eddie Soenarto, Afda HN) yang telah memberikan saran pada tips and trick sebelumnya (Mari Lebih Peduli Pada Mobil yang Terpanggang Matahari).

Pak Eddie memberikan masukan bahwa kurang bermanfaat jika langsung menghidupkan AC di tingkat tertinggi mengingat perlu adaptasi setelah kabin mobil terkena panas matahari. Sedangkan Afda HN mengomentari masalah menegakkan wiper saat parkir. Sebab, menurutnya dengan sering ditegakkannya wiper maka pegas wiper akan lemah yang menyebabkan kurang maksimalnya tugas wiper pada saat hujan. Sekali lagi, terima kasih atas masukannya.

 

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s