Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1)


Note: Tanpa maksud untuk menjelekkan atau mengunggulkan salah satu produk.

kphmph.wordpress.com - oli (14)

Beberapa hari yang lalu saya membeli oli (bukan di beres, tp toko onderdil) untuk mio dan nmp saya Yamalube matic ditebus dg harga Rp.27.500,- dan Pertamina Enduro 4T Racing 1 L ditebus dengan harga Rp.37.500,- dan total Rp.65.000,- . biasa lah, ganti oli tidak selalu bersamaan dengan servis berkala. tergantung kebutuhan😉

kphmph.wordpress.com - oli (9)

Struk pembelian oli Yamalube matic n Enduro 4T Racing

Yang namanya manusia, ini itu gak gampang percaya… terlebih untuk oli motor kesayangan.. hmm.. jangan ditanya, pasti milih yang terbaik sesuai kemampuan ekonomi. Sebelumnya pada nmp item udah ganti oli pertamina enduro 4t racing 1 L sejak pergantian oli pertama pada masa inreyen, dan hasilnya ok ok aja..

kphmph-wordpress-com nmp item(3)

si CBF item yang sering buat geberan ala anak alay

Nah kali ini nmp merah yang mengikuti instruksi buku manual dan mempercayakan oli kepada AHM oil sudah saatnya diganti. pake AHM oil di km awal memang joss dan tarikan ringan tapi setelah 2500km lebih mesin terasa kasar.. jadi gak tega nerusin ke 3500 atau 4000. kemarin di km 9000-an masih pake AHM sampai sekarang di km 12.000 berganti Enduro 4T Racing 1 L. Alasannya?

kphmph.wordpress.com - nmp merah (25)

Si Merah siap2 ganti oli

kphmph.wordpress.com - oli (16)

Gak punya corong, alternatif pake aluminium tutup susu bebelac

kphmph.wordpress.com - oli (22)

mesin CBF aka NMP

kphmph.wordpress.com - oli (12)

Sorr.. si oli biru berbau permen karet

kphmph.wordpress.com - oli (23)

Hasil kurasan ditampung ke wadah bebelac.. dapat 1/2 +/- kaleng

kphmph.wordpress.com - oli (24)

Ini dia oli AHM yg “katanya” tahan 4000km. baru 3000km udah seperti ini

kphmph.wordpress.com - oli (17)

perbedaan oli baru dan lama

kphmph.wordpress.com - oli (21)

km di odometer dicatat di kalender

saya rasa Pertamina Enduro 4T racing lebih masuk akal dan cocok dengan NMP. Tarikan enteng, mesin lebih halus, harga sama dg AHM buat NMP, dan dari segi Brand juga lebih menguatkan kualitas olinya karena buatan Pertamina Indonesia.

bersambung ke Opini: Beli Oli Ganti Oli (2) Solusi?
Related Post : ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………….

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Biker Manual, Opini and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

18 Responses to Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1)

  1. rusmanjay says:

    makin josssssssssssss motornya

  2. champ ret says:

    apik spx mas

  3. 2in4 says:

    selama ini masih enak enduro-nya bro.. untuk jarak jauh lebih enak.. gak kasar..

  4. champ ret says:

    nmpku dulu pake enduro tapi kadang slip
    trus pake shell ax7 enak juga ,sekarang barusan nyoba spx lebih alus mesinya

    • 2in4 says:

      gitu ya bro?
      klo nmp item sejak awal pke enduro dan gak pernah ada rewel.. selip, mati mendadak, overheat dll alhamdulillah gak pernah. Setelan klep selalu kenceng, rpm langsam 1250-1300.
      mungkin punya gan Cham Ret gigi netral sering gak pas ya? lampu indikator udah ijo tapi lom netral.. klo kasus ini juga ada yg selip.

  5. champ ret says:

    betul bro kadang sulit mau netralin
    kalo penyakit bawaan dulu sering ngempos tapi udah sembuh diganti karet vacum karbunya
    sekarang tinggal homestir yang agak kurang mantap

    • 2in4 says:

      kasus netral selip, ijo nyala tapi masih masuk giginya ada di nmp merahku ini bro😀 , cara biar gak kaget ya selalu tarik kopling saat berhenti, atau netralkan sebelum motor berhenti lalu digas perlahan atau maini gas, klo masih masuk akan jalan hehehe.. mekanik ahass sante2 wae bro.. padahal udah sering komplen. males jadinya. itu kenapa sekarang jarang ke ahass.
      Produk kebut semalam emang gini.. sperti karbu mbrebet..

  6. Pingback: Opini: Beli Oli Ganti Oli (2) Solusi? | kph mph : no speed limit! indo oto blog

  7. joko says:

    oli abal-abal biasalah biar motor cepet rusak dan beli NMP lagi, itu mah akal bulus AHM biar laku.
    semua juga sepakat kalo AHM oil itu oli cap sampah, bisa-bisanya klaim 4000km. ane juga pernah pake ini, memang joss saat masih baru, tapi di km 1.500 udah gak enak dan minta ganti. pernah sih sekali ane paksa 4000km, dan sisa oli tap tinggal dikit sekitar setengah botol lebih dikit. buset dah. 2x pake AHM oil langsung kapok.
    beralihlah ane ke enduro yg ganti tiap 2000km, jauh lebih mantap
    ane pake motornya extrim, betot gas mendadak dll.

  8. Ki Salim says:

    weleh kok murah mas bro.. ane beli enduro 40 je… neng SPBU malah luweh… torong’e g nguwatii…

    • 2in4 says:

      40 ribu mungkin yang kemasan baru, klo kemasan lama seperti gambar di atas yang masih ada dot (titik-titik biar gak licin). Beli oli yang penting liat bagian bawah botol pada tanda bulan pembuatan, klo belum melampaui 6 bulan sejak pembuatan biasanya masih OK. Cara yg paling gampang ya dicium botolnya. klo masih wangi berarti masih baru, karena wangi akan cepat hilang jika disimpan lama. imho pengalaman.🙂
      apapun torong (corong)-nya mau dari bekas botol air mineral, daun pisang atau yg lain asalkan bersih sah-sah saja.. hehehe

  9. An_Syahri says:

    Supraku dulu juga pas AHM oil juga kayak gt mas… Pas 1 bulan awal enaknya tp giliran setelah itu mulai ga asyik.. kebalikan dengan Federal Oil…

  10. kankkunk says:

    wah murah ya enduro 1 liter di bawah 40 ribu..selama ini beli selalu di atas 40 ribu.. -_-

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s