tips: Roda Depan Berisik Kenyamanan Terusik (mobil)


 

Pemeriksaan dan persiapan sebelum menempuh perjalanan mudik harus benar-benar teliti dan cermat. Jika kedapatan ada bagian yang kurang meyakinkan, lebih baik periksa sesegera mungkin. Seperti yang dilakukan seorang anggota AstraWorld belum lama ini. Karena mendengar suara aneh di roda depan saat berkendara, ia buru-buru menghubungi AstraWorld. Ia khawatir bunyi-bunyi tak normal itu mengindikasikan kerusakan serius di roda-roda.

“Bunyinya seperti kanvas rem habis. Sangat berisik waktu roda berputar,” katanya ketika berkonsultasi dengan AstraWorld melalui Call AstraWorld di nomor 500 898 (fixed line). Selain membantu mengatasi kondisi darurat di jalan, AstraWorld memang mempunyai layanan konsultasi seputar otomotif. Tidak hanya itu, Call AstraWorld juga dapat membantu melakukan booking service di bengkel-bengkel jaringan PT Astra International Tbk.

Jika benar sumber bunyi berasal dari kanvas rem yang mulai habis, risikonya memang lebih fatal. Bukan hanya tak nyaman karena terdengar suara aneh, kanvas rem habis tapi masih tetap dipaksakan bisa merusak tromol atau piringan (disc). Dari segi harga juga pasti jauh lebih mahal ketimbang mengganti kanvas rem baru. Yang tidak kalah mengerikan, kanvas rem yang sudah habis juga akan mempengaruhi daya pengereman.

Namun, setelah mengikuti petunjuk pemeriksaan yang disarankan agen AstraWorld, dipastikan bahwa kanvas rem ternyata belum habis. Ini berarti sumber bunyi memang bukan berasal dari kanvas rem. “Kalau begitu, sebaiknya kami lihat langsung saja ke lokasi,” jawab agen AstraWorld berupaya mengatasi keluhan anggota AstraWorld.

Ternyata benar, kanvas rem memang masih dalam kondisi OK. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang agen AstraWorld miliki, ketahuanlah bahwa bunyi yang terdengar itu ternyata berasal dari backing plate, yaitu plate tipis yang menempel pada disc pad. Fungsinya, melindungi disc dari benturan batu atau benda-benda keras di jalan dan sebagai dudukan sebagian komponen rem. Nah, backing plate ini melengkung sehingga ada bagian yang menempel dengan ujung luar disc.

Solusinya sangat sederhana. Setir harus diputar agar roda miring ke kiri atau kanan sehingga lengkungan backing plate lebih mudah dijangkau dengan tangan. Lalu, lengkungan yang menempel dengan ujung disc ditekuk sehingga tidak menempel lagi. Benar saja, setelah tindakan sederhana tersebut, suara-suara aneh di roda depan tidak terdengar lagi.

 
  AstraWorld

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to tips: Roda Depan Berisik Kenyamanan Terusik (mobil)

  1. dudy says:

    roda kemudi depan kanan ktika di rem berbunyi spti seng di injak pafahal laher tidak ada yng oblak msih baik knpa ya..

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s