Ban Mobil Menggunakan Nitrogen – Tanpa Warna Tanpa Bau


Powered by
 

Nitrogen untuk Ban Mobil Anda, Kenapa Tidak?

Awalnya digunakan untuk ban pesawat terbang, kini nitrogen bisa diaplikasi sebagai pengganti udara pada ban kendaraan kesayangan anda.

Kini ban mobil bisa menggunakan gas nitrogen. informasi Nitrogen adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya.

Terkadang orang berpendapat bahwa nitrogen hanyalah angin biasa, pendapat tersebut salah besar karena selain berwujud gas nitrogen mempunyai kadar air yang lebih sedikit ketimbang angin biasa jadi saat ban digunakan hanya sedikit yang menguap sehingga membuat kondisi tekanan angin didalam ban tetap stabil meski sudah lama digunakan.

Selain tekanan ban menjadi stabil, bagi pengendara yang menggunakan nitrogen akan merasakan keunggulan lain yaitu memperpanjang umur pakai ban dan saat digunakan ban terasa empuk. Sama seperti penggunaan angin pada ban, tidak ada perawatan khusus untuk ban ber-nitrogen, namun disarankan jika jarang dipakai usahakan ban jangan menyentuh langsung dengan lantai atau gunakan alas.

Segala jenis ban bisa disi gas nitrogen namun yang perlu anda perhatikan adalah jika anda berpindah dari angin menggunakan nitrogen pastikan angin yang ada di dalam ban hilang terlebih dahulu baru pengisian nitrogen dilakukan, namun jika kondisi ban anda sebelumnya menggunakan nitrogen dan karena posisi mendesak atau darurat anda mengisinya dengan angin biasa dalam kondisi nitrogen masih ada di dalam ban itu tidak masalah tetapi bisa mempengaruhi kualitas nitrogen. Sebelum digunakan pada ban kendaraan, nitrogen terlebih dahulu digunakan untuk ban pesawat. Yang mencirikan  ban kendaraan menggunakan nitrogen yaitu pada pentil-nya berwarna hijau.

Ada 4 hal yang bisa jadi bekal pemilik mobil ketika sudah mengisi ban dengan nitrogen. Adalah sebagai berikut:

1. Tidak murni nitrogen karena dicampur angin biasa.

Efeknya akan terasa ketika peningkatan tekanannya berlangsung cepat. Sebaiknya, sering dilakukan pengecekan pada ban dan tingkatkan kepekaan pengemudi terhadap karakter ban yang dipakai, baik sebelum, maupun sesudah diisi nitrogen. Walau kecil, bisa dirasakan perbedaannya.

2. Perawatan yang benar untuk ban sudah bernitrogen

yang perlu dilakukan, jaga tekanan angin dengan mengontrol pakai alat tekanan yang banyak dijual di toko aksesori. Bisa dua atau tiga hari sekali, sesuai dengan mobilitas dan kondisi jalan.

3. Ban tebal dan tipis bisa diisi nitrogen, semua jenis ban radial bisa memakai nitrogoen.

Termasuk jenis yang tipis, maupun tebal. Sebagai informasi saja, khusus ban tipis, elastisitasnya berkurang lantaran dindingnya yang tipis, maka sangat membantu jika diisi nitrogen.

Selamat mencoba.

🙂 images by Dunlop Indonesia

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Driver Manual, Roda and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s