Parts Motor: Setang Mio Sobek /Patah


kphmph-wordpress-com (mio depan cakram ban)

Tak terasa sudah hampir 5 tahun sang Mio menemani sang istri. Motor yang diboyong bulan Mei 2008 ini sudah banyak makan asam garam kehidupan.

Kemarin saat saya “meminjam” motor ini dan saya bawa ke Purwokerto untuk beli microSD card, ada sesuatu terasa.. kesetabilan kurang, handling ngaco.. dan nggleor, tapi tidak saya hiraukan karena memang Mio kurang stabil bila dibandingkan motor palang. Sudah satu minggu ini saya juga tidak pernah memakai motor ini dan hanya saat pagi hari saja mengeluarkannya dari rumah dan memanaskan mesinnya. Back to the topic.

Alhamdulillah sampai juga di rumah dan langsung diintip sana sini (namanya juga laki-laki), lalu iseng setang pun digoyang sana sini dan yang terjadi cukup mengejutkan. Setang meleot dan posisi miring ke kanan. Weh..weh..weh.. otan jadi paham koq gini. Langsung saya ambil kunci2 dan membuka monyong Mio. Langsung raba-raba setang dan ketemu masalahnya. Ya, setang sobek sebelum akhirnya patah juga.

resize-kphmph-mio-patah-setang

Berhubung sudah malam, keesokan harinya langsung saya bawa ke bengkel, karena kata pak mekanik (bukan beres, bengkel desa langganan saya) bisa diatasi dengan cara di las. Meskipun saya berpikir lebih baik ganti dengan yang baru karena lebih aman, tapi ya pengin coba juga dilas gimana hasilnya dan memang solusi yang lebih murah hehehe… Klo dikemudian hari ternyata tidak bertahan lama ya terpaksa beli setang yang katanya harganya 150 ribuan :D

kphmph-mio-patah-setang2

resize-khmph-setang-patah-mio

^ tidak ada karat, warna coklat karena debu yang memang sudah jarang saya otak-atik nih mio.

Besok sore (Minggu sore – 13/01/13 ) insya Allah sudah jadi kata mekaniknya. Insya Allah. huff.. :(

Apa penyebabnya?

setelah diusut oleh KPK ternyata disebabkan karena memang sudah sobek sejak lama pada saat istri saya kecelakaan dan terjatuh di turunan tajam yang memang licin dan rusak aspalnya. Saat itu setang miring ke kanan, di bawa ke beres (bengkel resmi) dan beres lagi :D tapi kok sobek sekarang? nah itu, kualitas beres dipertanyakan. mending bedes saja (bengkel desa) yang rela obrak-abrik dengan harga murah.

Adakah diantara pembaca yang pernah mengalami hal serupa yaitu setang patah? klo pernah solusi apa yang tepat? Terima kasih.

<!– brought to you by kphmph.wordpress.com –>


About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Setang and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Parts Motor: Setang Mio Sobek /Patah

  1. rusmanjay says:

    kok bisa sobek gitu ya?
    Saya juga sampe sekarang ga pernah servis ke beres lagi. Terakhir ke beres tahun 2009 awal :D

    • marga says:

      iya mas, dulu pernah ditabrak jupe jet diturunan ma istri saya. kirain rajawali yang kena, ternyata cuma setang bengkong. dibawa ke beres ok lagi, tapi sejak saat itu handling jadi agak gak enak. eh ternyata sobek sejak dulu yang tadinya kecil jadi menyebar. keliatan dari bekas sobekannya yang kotor, dan sobekan baru masih bersih hehehe..

  2. kok bisa sobek gitu ya?

  3. An_Syahri says:

    hmmm… masih heran mas… koq bisa separah itu ya….?

  4. nutcracker87 says:

    untung ketahuan tuh mas, ga kebayang klo lg jalan trs tiba2 ada sesuatu yg ngeharusin breaking shock pake rem depan.. ngeri

    • marga says:

      iya mas Alhamdulillah diberi keselamatan, itu pentingnya kita mengecek kendaraan anggota keluarga lainnya, terutama istri. jangan egois dan selalu memakai kendaraan kesayangan kita dan sesekali meminjam kendaraan istri. hehehe…

  5. Apipblog.com says:

    Vega r 2006 saya, waktu ntu yang patah swing arm nya… Saya coba las, ternyata kuat sampai sekarang, las nya rapi seperti tak terjadi apa – apa… :-D

  6. kalo untuk piranti kemudi dan pengereman saran saya mending ganti mas,daripada resiko di jalan,soale yg make istri dan cewek kalo bawa motor itu jarang ada yg perhatian sama motor alias poko’e jalan yo wis

  7. yudha depp says:

    Alhamdulillah, untung enggak patah ketika dikendarai ya pak.
    wah kalau patah pas lagi jalan sungguh sangat berbahaya
    efeknya

    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/keamanan-pembonceng-nomor-dualah.html?m=1

  8. Rony says:

    pernah ngalamin setang bengkok hahya beberapa milimter…motor jadi gak stabil aka miring2 kalo dipake riding…ganti setang ori cuma 100 ribu…oh iya,motor saya supra 125 pgmfi..hehehe..

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

