Manual: Ban Tubeless Motor Honda New MegaPro Hamil. Kok Bisa?


kphmph-wordpress-com (56)

pagi-pagi sudah disuguhi “sesuatu” yang membuat deg-degan. kenapa deg-degan? bagaimana tidak deg-degan, saat antar mami ke sekolah ternyata terdengar bunyi krut-krut dan dagluk-dagluk seperti ban bocor. saat dilihat…

ternyata ban tidak gembes, tekanan angin masih seperti biasa. Lha kok dipake gak enak? dengan “mbudeg” (seperti orang tuli) NMP pun tetap dilajukan. setelah sampai di rumah, dilihat kembali dan dicari penyebab “sesuatu” tadi.

dan ini yang ditemukan. Ya, ban hamil tanpa ada yang bertanggung jawab :evil: . Koq bisa? :? Gak tau deh :(

ban-tubeless-new-megapro-hamil-njendul-conon-kphmph (4)

ban-tubeless-new-megapro-hamil-njendul-conon-kphmph (3) copy ban-tubeless-new-megapro-hamil-njendul-conon-kphmph (6)

ban-tubeless-new-megapro-hamil-njendul-conon-kphmph (5) ban-tubeless-new-megapro-hamil-njendul-conon-kphmph (2) copy

Ban tubeless belakang si NMP yang melendung aka njendul adalah penyebab “sesuatu” tersebut.

Apa sebab njedul aka melendung alias hamil??? Saya tidak tahu pasti. Setelah hitung2 siapkan dana ada atau tidak untuk mengganti ban, ternyata tidak ada dana :D . Telpon lah ke kakak yg juga penyemplak NMP.

kphmph-wordpress-com (28)

NMP 2010 Kakak (karbu kanibal MP Primus)

didapat informasi bahwa saya tidak harus ganti ban. cukup ganti angin saja, klo perlu isi dengan nitrogen, ya sekitar Rp.10.000,- per ban. Insya Allah ban kembali ke kondisi semula dalam berjam-jam (seharian :P ) karena kakak telah mengalaminya tanpa sepengetahuan saya hehehe… (emang siapa loe :D ) padahal kakak sudah beli ban penggantinya, tapi akhirnya disimpan karena ban NMP yg juga njendul telah kembali seperti semula.

padahal jika ganti ban belakang butuh dana Rp.350.000,- an + ongkos pasang Rp.1.000,- perak. klo mau isi nitrogen tambah Rp.10.000,-

marga says:

bukan harus ganti Nitrogen Gan, tapi sesuai jawaban komen saya untuk mazesolo di atas Bang Iman grafika yanto :) yakni ditusuk secukupnya pada bagian yang melendung dengan jarun jahit (lebih gampang klo pakai alat bantu seperti tang untuk memegang jarumnya, sambil ditekan bannya supaya angin keluar (sebaiknya copot roda biar lebih gampang pengerjaannya dan bisa dirambang dengan mudah pada bak air).
setelah semua angin keluar, pompa ban pakai kompresor hingga keras dan biarkan kekerasan ini selama beberapa hari. Nitrogen di sini hanya untuk mengantisipasi kebocoran yang mungkin “muncul” karena partikel nitrogen lebih kecil daripada udara biasa (teorinya). tapi kalau gak ada nitrogen ya asal di isi angin pun gak masalah. tapi ingat, setelah ban kembali normal jangan keseringan ngebut di atas 100kph terutama pada siang hari, karena bagaimana pun berarti ban tersebut adalah banyang cacat produksi secara teori (sekedar saran).

mungkin ada reader ahli ban yang baca, monggo silakan ditambahi atau dikoreksi.
terima kasih banyak. semoga membantu :)

 

ada solusi jitu kenapa enggak? Betul? :cool:

ban-tubeless-new-megapro-hamil-njendul-conon-kphmph (1)

Apakah penyebab “njendul melengdung hamil” ini, apa karena usianya yang sudah 17 bulan sejak dibeli pada Agustus 2011 ? padahal kembang/alur ban masih ok.

Ada yang tau penyebab “njendul” dan “hamil” aka “melendung” ???

mungkin ada juga yang pernah mengalaminya? monggo silakan share. untuk yang belum/tidak pernah mengalaminya ya jadikan ini sebagai pelajaran ;)

njendul a.k.a. njendol is cool baby :cool: but konde is the best

<!– brought to you by kphmph.wordpress.com –>


About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Biker Manual, Roda Motor and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

33 Responses to Manual: Ban Tubeless Motor Honda New MegaPro Hamil. Kok Bisa?

  1. rusmanjay says:

    persis kaya kejadiannya NMP teman saya.

      • rusmanjay says:

        kata salah seorang teman saya yang sering mengikuti even balap (semacam EO), kalau ban benjol2/hamil itu akibat mati listrik saat proses pembuatannya sehingga ada udara masuk ke pori-pori karet material ban.
        cuma itu info yang saya dapat. entah benar atau tidak saya juga tidak tahu. :D

        • marga says:

          wah info jitu nih. masuk akal sih ;)
          selain itu mungkin karena jalan yg saya lintasi aspalnya masih baru sepanjang 3 km. aspal sendiri kan mengandung minyak tanah. kontan bikin melar karet ban.

  2. duh serem juga ya ampe jendol gitu 8O

  3. Ki Salim says:

    kayak di ban depan MX ku juga gitu mas, teryata benang dalamnya dah putus.. jadine njendol…

  4. An_Syahri says:

    walaahh…. lagi ngerti aku mas…

  5. daivan says:

    punya ane juga hamil gan, tapi hamilnya kesamping~
    btw karbu ori nmp ukuran berapa sih? #nggakpernahngecek

    http://daivangelion.wordpress.com/2012/12/29/upgrade-your-bike-security-iseng-only-no-promotion/

  6. jahe says:

    NMP kakaknya yg ganti karbu primus tolong dibahas sedetil mungkin termasuk proses pemasangan dan settingnya, ditunggu ya :D

  7. Pingback: Manual: Isi N (Nitrogen) di Ban Tubeless New Mega Pro | kph mph : no speed limit! Newbie Blogger

  8. RanselReot says:

    sama gan , ane dulu pernah gitu..
    monggo mampir di blog saya

    ranselreot.blogspot.com

  9. mazesolo says:

    ban belakang ane juga mblendung..tp blm coba diganti angin,langsung ganti ban baru,ane kira uda wktunya gnti sdh 2,5thn.apa bnar dngn cara gnti angin ban bs sprti smula?
    thnx sob..

  10. Iman grafika yanto says:

    Ban NMP dpn udh mulai hamil..pas 1 thn pemakaian…apa benar ganti nitrogen solusinya??

    • marga says:

      bukan harus ganti Nitrogen Gan, tapi sesuai jawaban komen saya untuk mazesolo di atas Bang Iman grafika yanto :) yakni ditusuk secukupnya pada bagian yang melendung dengan jarun jahit (lebih gampang klo pakai alat bantu seperti tang untuk memegang jarumnya, sambil ditekan bannya supaya angin keluar (sebaiknya copot roda biar lebih gampang pengerjaannya dan bisa dirambang dengan mudah pada bak air).
      setelah semua angin keluar, pompa ban pakai kompresor hingga keras dan biarkan kekerasan ini selama beberapa hari. Nitrogen di sini hanya untuk mengantisipasi kebocoran yang mungkin “muncul” karena partikel nitrogen lebih kecil daripada udara biasa (teorinya). tapi kalau gak ada nitrogen ya asal di isi angin pun gak masalah. tapi ingat, setelah ban kembali normal jangan keseringan ngebut di atas 100kph terutama pada siang hari, karena bagaimana pun berarti ban tersebut adalah banyang cacat produksi secara teori (sekedar saran).

      mungkin ada reader ahli ban yang baca, monggo silakan ditambahi atau dikoreksi.
      terima kasih banyak. semoga membantu :)

  11. ipanase says:

    ban nmp pancen ancurrrr, ban depan geal geol, ban belakang mlentung2, makane pada diganti, ujung2 nya pake ban byson :D 120/70 yang belakang

  12. Hary Tan says:

    saya dl pernah mengalami hal ini sampai 2x,, penyebab adalah angin yang ada di ban kepenuhan atau kelebihan,,sehingga ban menampung udara yang cukup besar,, nah klo di isi ntrogen maka angin ban akan normal yang dikarenakan angin ban nitrogen dingin,,, sedangkan angin biasa yang kita isi panas,, itu penjelasan perbedan angin biasa dengan nitrogen itu kata bengkel ban mobil ane hehehehe,,, jdi ketika isi angin takaran harus pas terutama ban tubles,, kalau yang pakai ban dalam seh palingan ban dalam nya bocor doank,,klo tubles itu dia jd hamill,, hamil duluan gt hahahaha

    • marga says:

      sudah tiga bulan.. kau hamil duluan.. gara-gara pacaran berduaan.. :P halah

      terima kasih atas pencerahan dan pengalaman yang telah dibagikan Bang Hary ;) Horass! semoga bermanfaat.

  13. ryan says:

    ban mega pro gua sama juga gan…. dan akirnya ganti ban depan-belakang deh…mumpung ada rejeki gan…hehehe…,.

  14. wildan says:

    dulu vega saya juga pernah gan, malah ada 2 benjolan gede2 di ban belakang awalnya ga kerasa eh tau2 besoknya benjol trus ane bawa ke tukang tambal ban eh ga taunya cuman ditusuk pake jarum gan kempes tuh benjolan di ban trus ane tanya tuh tukangnya gara2 apa kok bisa benjol eh jawabnya “bannya masuk angin” masuk akal ya? kalo ga ada angin mana bisa jalan rodanya hehehe, udah deh beres n gratis tis tis :D

  15. fahmi muhsinin says:

    terimakasih infonya….ban motor new mega pro saya melendung berkat info ini sangat bermanfaat bgt….saya kempesin ban…lalu saya ganti dengan air nitrogen sesampai di rumah melendungnya saya tusuk pagi jarum kecil….dan langsung menyusut……seperti byasanya normal….mngkin memang ad air berlebih saat pakai angin byasa karna angin byasa beda dengan nitrogen…terimakasih pengguna npm:):)
    Sangat bermanfaat…

  16. fahmi muhsinin says:

    terimakasih infonya….ban motor new mega pro saya melendung berkat info ini sangat bermanfaat bgt….saya kempesin ban…lalu saya ganti dengan angin nitrogen sesampai di rumah melendungnya saya tusuk pagi jarum kecil….dan langsung menyusut……seperti byasanya normal….mngkin memang ad air berlebih saat pakai angin byasa karna angin byasa beda dengan nitrogen…terimakasih pengguna npm:):)
    Sangat bermanfaat…

  17. fahmi muhsinin says:

    terimakasih infonya….ban motor new mega pro saya melendung berkat info ini sangat bermanfaat bgt….saya kempesin ban…lalu saya ganti dengan angin nitrogen sesampai di rumah melendungnya saya tusuk pagi jarum kecil….dan langsung menyusut……seperti byasanya normal….mngkin memang ad angin berlebih saat pakai angin byasa karna angin byasa beda dengan nitrogen…terimakasih pengguna npm:):)
    Sangat bermanfaat…

  18. suroto says:

    Wah aku juga pake NMP kejadian ban belakang ku juga ya begitu hamil… aku udh ganti ban sampean karna takut klw di jalan ……… klw tau solusinya cuma begitu di ganti dgn gas nitrogen bisa pulih …..bisa ku gunakan uang buat yg lain nya ………mksh buat info nya …….

  19. Pingback: Ban Mlendung? Jangan Panik | Sigit's Blog

  20. Maskur says:

    aku langsung ganti

  21. ban saya juga sama njendul tapi bagian depan terus itu gimana yaa gan solusi nya ?? motor juga sama NMP

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

