Cara mengukur jarak tempuh, waktu tempuh, dan kecepatan rata-rata kendaraan


Sering kali kita tanpa sadar bertanya-tanya di dalam hati ketika kita hendak melakukan suatu perjalanan. Misalnya, Jika saya berangkat pukul 6 pagi, maka jam berapa saya akan tiba di kantor? Atau harus berjalan dengan kecepatan berapa supaya saya bisa tiba di tempat tujuan pukul 7 pagi?

Mengukur jarak tempuh, waktu tempuh, dan kecepatan rata-rata kendaraan bermotor kita dapat dilakukan dengan rumus fisika kinematika yaitu rumus mengukur gerak lurus beraturan (glb). Berikut ini ulasannya.

Kinematika adalah cabang fisika yang mempelajari gerak dengan menghiraukan penyebab gerak. Mengenai penyebab gerak akan dibahas dalam Dinamika.

Gerak yang dibicarakan dalam bagian ini adalah gerak yang dialami benda pada sebuah lintasan berbentuk garis lurus.(sebut saja jalan raya)

Gerak lurus beraturan berarti gerakan ini memiliki indikator kecepatan benda yang tetap, Tetap berarti tidak berubah (dari awal hingga akhir kecepatan benda tidak berubah) dan dalam hal ini kita modifikasi sebagai kecepatan rata-rata kendaraan.

Kecepatan didefinisikan sebagai perubahan kedudukan setiap satuan waktu.

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah suatu gerak lurus yang mempunyai kecepatan konstan. Maka nilai percepatannya adalah a = 0. Gerakan GLB berbentuk linear dan nilai kecepatannya adalah hasil bagi jarak dengan waktu yang ditempuh.

Rumus:

\!v=\frac{s}{t}

Dengan ketentuan:

  • \!s = Jarak yang ditempuh (m, km)
  • \!v = Kecepatan (km/jam, m/s)
  • \!t = Waktu tempuh (jam, sekon)

Catatan:

  1. Untuk mencari jarak yang ditempuh, rumusnya adalah \!s=\!v\times\!t.
  2. Untuk mencari waktu tempuh, rumusnya adalah \!t=\frac{s}{v}.
  3. Untuk mencari kecepatan, rumusnya adalah \!v=\frac{s}{t}.

Kecepatan rata-rata

Rumus:

\!v=\frac{s_{total}}{t_{total}} = \frac {V_{1} \times t_{1} + V_{2} \times t_{2} + ... + V_{n} \times t_{n}} {t_{1} + t_{2} + ... + t_{n}}

Pengukuran Jarak yang Ditempuh

Contoh kasus:
Komeng mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Ia berangkat dari kota
Jakarta menuju kota Bandung pukul 04.00. Jika Ia tiba di kota Bandung Pukul 07.00
Berapa Km-kah jarak yang telah ditempuh Rizky ?
Jawaban :
Rumus jarak tempuh    \!s=\!v\times\!t

Waktu yang ditempuh = waktu tiba  –   waktu berangkat
= Pukul 07.00   –   Pukul 04.00
= 3 jam

Jarak yang ditempuh = kecepatan    X    waktu
= 60 km/jam   X   3 jam
= 180 km
Jadi Komeng telah menempuh jarak 180 km yaitu dari Jakarta ke Bandung.

Pengukuran Waktu yang Ditempuh

Contoh kasus:

Jarak Jakarta – Bogor 60 km. Rossi berangkat ke Bogor dengan sepeda motor  pukul 07.30.
Kecepatan rata-rata 40 km/jam.
a. Berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan oleh Rossi untuk sampai ke Bogor ?
b. Pukul Berapakah Rossi tiba di Bogor?

Jawaban :
a. Rumus menghitung waktu tempuh = \!t=\frac{s}{v} atau

= Jarak : kecepatan
= 60 km : 40 km/jam
= 1, 5 jam
Jadi Rossi memerlukan waktu untuk menempuh jarak Jakarta – Bogor adalah
1,5jam = 1 jam 30 menit.

b. Rossi tiba di Bogor = Waktu keberangkatan + waktu tempuh
=  pukul 07.00 07.30+ pukul 01.30
08.30 09.00
Jadi Rossi tiba di Bogor pukul 08.30 09.00. (dikoreksi oleh )

Pengukuran Kecepatan Rata-rata

Contoh kasus:

Jarak dari kota Purwokerto ke Cilacap 80 Km. Saprol mengendarai mobil berangkat
dari Purwokerto pukul 06.00 dan tiba di Cilacap pukul 08.00. Berapakah kecepatan rata-rata
Saprol mengendarai mobil ?

Jawaban :
Sebelum kita menghitung kecepatan rata-rata kita harus menentukan waktu yang digunakan
oleh Saprol yaitu = Tiba – berangkat
= pukul 08.00 – pukul 06.00
= 2jam
Jadi waktu yang digunakan oleh Saprol adalah 2 jam.

Barulah kita  menentukan kecepatan rata-rata Saprol mengendarai mobil.

Rumus kecepatan rata-rata = \!v=\frac{s_{total}}{t_{total}} = \frac {V_{1} \times t_{1} + V_{2} \times t_{2} + ... + V_{n} \times t_{n}} {t_{1} + t_{2} + ... + t_{n}}atau

= jarak : waktu tempuh
= 80 km : 2 jam
= 40 km/jam
Jadi Saprol mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam.

.

(W) Books, asagenerasi, common, marga

About these ads

About Marga

You don't wanna know! About.me/margay About.me/aku
This entry was posted in Alat ukur, Biker Manual, Driver Manual and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

59 Responses to Cara mengukur jarak tempuh, waktu tempuh, dan kecepatan rata-rata kendaraan

    • ASIMO says:

      ya itu secara ilmiah… cara gampangnya juga ada tapi lom sempat nulis…
      sekedar info aja untuk kita semua bahwa apa yang kita pelajari di sekolah dulu memang berguna di kehidupan kita sehari-hari… so jangan bolos keseringan :D

  1. anonim says:

    kayaknya ada yang salah pada contoh kasus yang ini ”
    ” PENGUKURAN WAKTU YANG DITEMPUH
    Contoh kasus:
    Jarak Jakarta – Bogor 60 km. Rossi
    berangkat ke Bogor dengan sepeda motor
    pukul 07.30.
    Kecepatan rata-rata 40 km/jam.
    a. Berapa lama waktu tempuh yang
    dibutuhkan oleh Rossi untuk sampai ke
    Bogor ?
    b. Pukul Berapakah Rossi tiba di Bogor?
    Jawaban :
    a. Rumus menghitung waktu tempuh =
    atau
    = Jarak : kecepatan
    = 60 km : 40 km/jam
    = 1, 5 jam
    Jadi Rossi memerlukan waktu untuk
    menempuh jarak Jakarta – Bogor adalah
    1,5jam = 1 jam 30 menit.
    b. Rossi tiba di Bogor = Waktu
    keberangkatan + waktu tempuh
    = pukul 07.00 + pukul 01.30
    = 08.30
    Jadi Rossi tiba di Bogor pukul 08.30″

    kayae jamnya salah….tanks harusnya
    07.30+01.30=09.00

  2. marga says:

    Banyak yang baca nih postingan, semoga berguna bagi kalian, dan ditunggu koreksi juga tambahannya. bebas pake link atau mau dikomen langsung
    Admin.

  3. citra says:

    thanks ms bro artikel’y sgt mmbntu mngingtkan pljrn sklh dlu, jd g prlu nyri2 bku dch….

    • marga says:

      selalu berguna untuk mengukur jarak dan waktu tempuh, jadi gak perlu ngebut2 di jalan karena kita bisa memanaga perjalanan kita. tinggal dikurangi lampu merah saja di kisaran 2 menit per lampu merah pasti tepat waktu sampai tujuan.

  4. acep ginanjar says:

    sip materinya bisa d tambah mungkin..

  5. contoh soal yg tentang itung2an cerita lain di post juga gan. ane bener lupa sama pelajaran ini. di fakultas hukum ga dipelajarin soalnya, jd otak bener2 bleng sama soal cerita. haha

  6. yuspangala says:

    boleh dibantu ga, saya di kasih pertanyaan seperti ini……….
    sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 60 km/jam. kemudian dilakukan pengereman. pertanyaannya, berapa jarak yang ditempuh hingga kendaraan benar-benar berhenti.
    tolong di bantu ya……

    • marga says:

      kayaknya gak bakal berhenti tuh Gan.. soalnya remnya blong hehehe :D

      * pertanyaan di atas tidak jelas juga berapa lama pengereman, kedalaman pengereman, dan lama waktu menekan tuas rem, juga rem yang dipakai adalah cakram (ABS atau belum, CABS/Combi-brake atau bukan), atau tromol. Ya klo perkiraan saya dengan pengereman standar mungkin butuh jarak 10 hingga dua puluh meter (maklum gaktau rumusnya untuk yg satu ini)

      tolong dibantu klo ada yang bisa menjawabnya ;)

  7. Haikal says:

    gimana cara nyari waktu tempuh tapi yang Vnya m/s terus jaraknya km gimana om?

  8. yoan says:

    tono mengendarai sepeda dari kota A ke kota B dengan kecepatan rata-rata 20 km / jam selama 4 jam, jika ia mengendarai sepeda dengan kecepatan rata-rata 50 km / jam, maka waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perjalanan ?

    • Wahyu says:

      1) jarak kota A – B = v1 x t1 = 20 x 4 = 80 km
      2) t2 = S / v = 80/50 = 1,6 jam
      jadi waktu yang dibutuhkan ntuk menylesaikan perjalanan dg kecepatan 50 km/jam adalah 1,6 jam.

  9. aman says:

    yono dan yeni adalah dua orang saudara kembar yg bersekolah disekolah yg sama.
    suatu pagi yono berangkat sekolah mengunakan sepeda ayun dengan kecepatan 20 KM/jam, 5 menit kemudian Yeni berangkat sekolah mengunakan sepeda motor dgn kecepatan 40 KM/Jam.
    Jika Yeni mengunakan rute yg sama dan dia sampai di sekolah 7 menit lbh cepat dr Yono, berapakah jarak antara rumah sampai sekolah ?

    • Dwi says:

      keceoatan Yono = v1 = 20 km/jam
      kecepatan Yeni = v2 = 40 km/jam
      waktu tempuh yeni = t2 = (t1 – 12) menit = (t1 – 12/60) jam = (t1 – 0,2) jam

      jarak yono = jarak yeni
      s1 = s2
      v1 x t1 = v2 x t2
      20 x t1 = 40 x (t1 – 0,2)
      20t1 = 40t1 – 8
      20t1 – 40t1 = -8
      -20t1 = -8
      20t1 = 8
      t1 = 8/20
      t1 = 0,4 jam
      t1 = 0,4 jam — S1 = v1 x t1 = 20 x 0,4 = 8 km
      jadi, jarak rumah ke sekolah adalah 8 km.
      Insyaallah, itu jawabnya. kalau ada salah, maapin ye. :D

  10. aman says:

    Tolong dibantu jawab ya gan. Ane agak pusing :D

  11. aziz says:

    jika ibnu pergi ketangerang pukul 02.00 dan tiba di bekasi pukul 04.00..berapa waktu tempuh dan berapa jaraknya..dan berapa kecepatan kendaraan yg harus digunakan..

    jawab..

  12. aziz says:

    jika ibnu pergi ketangerang pukul 02.00 dan tiba di bekasi pukul 04.00..berapa waktu tempuh dan berapa jaraknya..dan berapa kecepatan kendaraan yg harus digunakan..

    jawab.. =

  13. tolong bantu saya mengerjakan soal ini ya :/

    Toni berangkat dari kota P pukul 08.15 menuju kota Q yang jaraknya 88 km dengan mengendarai sepeda motor. Dia menempuh jarak sepanjang 54 km dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam kemudian istirahat selama 20 menit. Dia kembali melanjutkan perjalanannya dengan kecepatan 51 km/jam. Pukul berapakah Toni tiba di kota Q?

    plis tolong dibalas :’)

    • bachtiar says:

      t1 = s1/v1=54km/45km/jam = 1.2 jam=72 menit
      t2=34km/51km/jam=0.6 jam= 40 menit
      note : 34 km adalah sisa jarak yang harus di tempuh = 88-54=34km
      jadi total waktu adalah : 72+20+40=132 menit
      jado tony akan tiba di kota Q pada pukul 10.27

  14. Maulid says:

    bagai mana cara menghitung jarak tempuh kapal.?

    • MyDATSUN says:

      prinsipnya sama, hanya saja misal kecepatan (knot), waktu (jam) jarak tempuh (Mil)

      maka:
      jarak tempuh = kecepatan x waktu

      jarak tempuh = 60 knot x 1 jam
      jarak tempuh = 60 Mil laut

      cmiiw

  15. pitiq says:

    bantu juga dong mas .. kuying berangkat dari rumah ke warnet jam o7.30 dengan jarak yang kira2 tidak begitu jauh dengan menggunakan sepeda motor, kira2 habis berapa liter bensin yang digunakan ya mas? heheh

    • MyDATSUN says:

      Jawaban buat pitiq_e : kuying tidak menggunakan bensin sama sekali (nol liter) ~ karena sepeda motor kuying adalah sepeda motor elektrik/listrik :P

      _dl java games boleh dishare_

  16. diangga says:

    tolong bantu saya mengerjakan soal ini ya :/

    Toni berangkat dari kota P pukul 08.15 menuju kota Q yang jaraknya 88 km dengan mengendarai sepeda motor. Dia menempuh jarak sepanjang 54 km dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam kemudian istirahat selama 20 menit. Dia kembali melanjutkan perjalanannya dengan kecepatan 51 km/jam. Pukul berapakah Toni tiba di kota Q?

    plis tolong dibalas :’)

    coba jawab ya,,maap kalo salah

    t1 = s1/v1 t2 = s2/v2 t3 = 20 menit (istirahat)
    = 54/45 = 34/51
    = 1,2jam = 0,67 jam
    = 1 jam 12 menit = 40 menit

    t total = 2 jam 12 menit

    >> toni tiba di kota Q 08.15 + 2 jam 12 menit = 10.27//

  17. radeniman says:

    mas kalau berat kendaraan 150 kg, dan daya yang digunakan untuk menggerakan kendaraan tersebut 3 KW, berapa kecepatan yang dihasilkan? Terimakasih

  18. thica says:

    jika seorg brngkt pukul 05:45 dan tiba pukul 08:10 dgn kceptan rata-rata 48km/jam brpakah jarak yg dtempuh org itu???? Mhon djwab.a dgn cra.a

  19. emon says:

    mksh shbtqu, smg bermanfaat bg yang baca…….

  20. vani says:

    thanks ya sgt membantu….

  21. Sharry sonig balle real says:

    Mau tanya nih,… kaLau soaLnya gini gimana caranya,.??
    – ketika cuaca cerah jarak jakarta-bandung ditempuh dalam waktu 2jam 30menit dengan kelajuan rata-rata 72km/jam. saat hujan jarak jakarta-bandung di tempuh dengan kelajuan rata-rata 60km/jam. tentukan lama perjalanan?

  22. Marshelly salwa tiana says:

    klo kecepatan di kurang terutamannya?? trus keduannya dikalii??
    tapi klo ditannyakan nya waktu di bagi berapaaa?

  23. Marshelly salwa tiana says:

    saya mau nanya??
    klo Pak Hanung mengendarai mobil dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. ia menempuh jarak 360 km. apa bila ia berangkat pukul 05.00 WIB,maka pada pukul berapa ia akan sampai ditempat tujuan?

  24. Marshelly salwa tiana says:

    saya mau nanya lagi?
    klo Dukuh Balong dan tangkisan terletak di desa yg sama. Warga dukuh Balong melakukuan kerja bakti membersihkan jalan desa setiap 15 hari sekali. sedangkan warga dukuh tangkisan, kerja bakti membersihkan jalan desa setiap 27 hari sekali. hari ini tanggal 12 april mereka melakukuan kerja bakti bersama-sama. Tanggal berapa mereka akan bersama-sama bekeja bakti lagi?

  25. tolong di bantu ya
    sebuah perahu menyebrangi sungai yang lebarnya 180meter dan kecepatan arus airnya 4 m/s.Bila perahu di arahkan menyilang tegak lurus terhadap arus sungai dengan kecepatan 3m/s,maka setelah sampai di seberang sungan perahu tersebut telah menempuh lintasan sejauh…….?

  26. M. HABIB R. says:

    MAKASIH YA BRO PR GUE UDAH SELESAI GARA LO!*^_^*

  27. M. HABIB R. says:

    TOLONG DIJAWAB NI SOAL, GUA LG PENING NIH GAK TAU JWBANNYA, SEKALIAN TOLONG AJARIN CARANYA!PUKUL 10.45 HUSIN MENGENDARAI SPD MOTOR BERANGKAT DARI PKU – RENGAT DGN KECEPATAN RATA2 48KM/JAM.JIKA SAMPAI DI RENGAT PUKUL 14.30, MAKA JARAK PEKANBARU-RENGAT ADLH… MOHON DIJWB!*^_^*

  28. SAID NIZAM LUTHFI says:

    Baguslah jika demikian……………, Semoga Bermanfaat.

  29. tomy setyaji says:

    jarak dari kota surabaya-jakarta 500km. Sebuah kereta api dari surabaya menuju jakarta melaju dengan kecepatan 50km/jam. Dari arah lain sebuah kereta api melaju dengan kecepatan 40km/jam. Di manakah kedua kereta api tersebut berpapasan?

  30. amos says:

    Sebuah lembaran seng mempunyai lebar 4,2/3feet kemudian seng itu di potong-potong beberapa bagian dgn lebar 4 inch berapa potong yg di peroleh dari lembaran seng tersebut? (1feet =30 cm dan 1 inch =25 cm)
    Mohon bantuan nya:

  31. amos says:

    Sebuah pertunjukan sirkus di saksikan oleh 120 penonton yg harus mereka bayar seharga $1200,pria membayar $50, wanita membayar $20, dan anak-anak membayar $1, berapa org pria, wanita dan anak-anak yg menonton pertunjukan itu

  32. afi says:

    paman akakn berangkat ke suatu acara yg dimulai pukul 09.00 dengan mengendarai mobil. jarak acara berlangsung 12km dari rumah dan kecepatan rat-rata mobil paman 72km/jam. agar sampai d acra tepat waktu paman harus berangkat pukul….

    TOLONG DIJAWAB SEKARANG

  33. Haniff says:

    sebuah mobil berjalan dengan kejauhan 180 km/jam berjalan dari jakarta menuju semarang. Berapakah kecepatan mobil tersebut dalam s1

  34. Nina Rahayu says:

    Terimah kasih sudah membantu saya :D
    akhirnya saya mengerti dengan soal ini

  35. kalau yang ini?
    “sebuah sepeda bergerak sejauh 50 m dalam 5 detik.hitunglah kecepatan dari sepeda tersebut?”

  36. chriess says:

    heri berlari dengan kecepatan 5 km/jam menempuh jarak 10 km. berapa detik waktu yg dibutuhkan heri

  37. Audi pratiwi MBL says:

    makasih y gan infonya…
    Mmbantu bgt…thank’s!

  38. dyas says:

    Suatu pekerjaan jika dikerjakan oleh Anton seorang diri akan selesai dalam waktu 14 jam, namun jika dikerjakan oleh Bedu seorang diri akan selesai dalam waktu 10,5 jam . Berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut jika dikerjakan oleh Anton dan bedu bersama-sama ! Pleasee bantu yaaa :)

  39. sukmawati says:

    Trmksh ats informasinya,sangat bermanfaat

  40. Mantannya Tono says:

    AGAN,NUMPANG NANYA DONG ..
    Tono barangkat dari rumahnya menuju rumah pacarnya pukul 16.00 dengan kecepatan 90km/jam dengan jrak 7 km ,, di tengah jalan Tono menurunkan kcepatannya menjadi 20 km/jam karena melihat mantannya.

    Pertanyaannya, pukul berapa Tono sampai rumah pacarnya ?

  41. nurus safi'ie says:

    Terima kasih atas referensinya saya merasa terbantu sekali… :-)

  42. nurus safi'ie says:

    Jadwal kantor tempat bus bekerja mengharuskan semua karyawan masuk kantor maksimal pukul 07.45 karena sesuatu hal budi biasa berangkat pukul 07.10 jika jarak dari rumah ke kantor adalah 4km maka berapakah kecepatan rata2 budi agar tida’ terlambat…??

    Mohon bantuannya kawan saya bingung untuk soal ini…!!!

Komentar bebas : panjang, pendek, berkali-kali, terserah, ekspresikan dirimu :) You may use HTML tags and attributes.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s